Saturday, 3 Zulhijjah 1443 / 02 July 2022

Ribuan Santri Terima Beasiswa dari Kemenag

Kamis 26 Mar 2015 12:11 WIB

Red: Angga Indrawan

Santri di pesantren

Santri di pesantren

Foto: Arief Priyoko/Antara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Agama RI telah menyalurkan beasiswa kepada lebih dari tiga ribu santri. Beasiswa ditujukan bagi mereka yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi unggulan seperti Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS), Universitas Airlangga (UNAIR), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Jakarta.

"Hingga tahun ini Kemenag telah menyalurkan beasiswa kepada lebih dari tiga ribu santri," kata Pelaksana Subdit Pendidikan Pesantren Kemenag, Mohammad Zen, Kamis (26/3).

Mohammad Zen mengemukakan, keterangan tersebut sehubungan telah dilaksanakannya Rapat Koordinasi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di Bogor pada 23 Maret 2015 yang dibuka oleh Direktur Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kemenag Dr H Mohsen.

Ia menjelaskan, dalam paparannya pada rakor tersebut, Direktur Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren Kemenag mengemukakan PBSB untuk pertama kalinya dimulai pada 2005. Semula hanya bermitra dengan IPB dan UIN Syarif Hidayatullah, kini sudah bermitra dengan 14 perguruan tinggi.

Rakor PBSB itu sendiri dihadiri utusan dari 11 perguruan tnggi seperti UGM, UIN Jakarta, ITS dan UNAIR. Utusan dari UIN Jakarta Prof MK Tadjudin yang juga mantan Dekan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Jakarta mengapresiasi prestasi akademik para santri yang kuliah di FKIK UIN Jakarta.

"Mereka memiliki prestasi unggul dan mampu bersaing dengan mahasiswa dari perguruan-perguruan tinggi lain," kata mantan Rektor UI itu.

Mohammad Zen lebih lanjut mengemukakan, PBSB juga dinilai tepat sasaran, karena bisa menjaring dan memfasilitasi santri dari keluarga kurang mampu untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi papan atas. Program tersebut bahkan mampu menaikkan citra pesantren menjadi lembaga yang makin kredibel dan berkualitas.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA