Selasa 24 Mar 2015 22:56 WIB

IAIN Jember Wajibkan Mahasiswa Baru Dites Narkoba

Tes Urine (ilustrasi)
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Tes Urine (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JEMBER -- Institut Agama Islam Negeri Jember, Jawa Timur, mewajibkan calon mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016 untuk melampirkan hasil tes narkoba. Merupakan faktor utama sebelum mereka dinyatakan diterima sebagai mahasiswa IAIN setempat.

"Para mahasiswa harus menjalani tes urine dan wajib lolos tes narkoba karena hal tersebut sebagai bentuk komitmen kampus IAIN Jember memerangi peredaran narkoba," kata Rektor IAIN Jember Babun Suharto, Selasa (24/3).

Menurut dia, kebijakan seluruh mahasiswa baru tahun ajaran 2015/2016 mengikuti tes urine untuk memastikan yang bersangkutan bebas dari narkoba. Sebab, selama ini mahasiswa menjadi salah satu sasaran peredaran barang haram tersebut.

"Kebijakan itu baru diterapkan tahun ini dan hal tersebut sebagai benteng untuk mencegah peredaran narkoba di dalam kampus," tuturnya.

Apabila hasil tes urine menyebutkan calon mahasiswa baru tersebut mengonsumsi narkotika, maka secara otomatis pihak IAIN Jember akan melakukan diskualifikasi terhadap calon mahasiswa yang bersangkutan.

"Mereka akan didiskualifikasi, meskipun secara administrasi dan hasil ujian masuk kampus telah dinyatakan lulus sebagai calon mahasiswa IAIN Jember," paparnya.

sumber : Antara

Mention Yukk, Satu jenis kosmetik yang ada di Meja rias Kamu!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement