Selasa 24 Mar 2015 10:25 WIB

Siswa SD Ini Wajib Buat Film Pendek

Proses pembuatan film pendek menggunakan N8
Foto: Nokia Indonesia
Proses pembuatan film pendek menggunakan N8

REPUBLIKA.CO.ID, MAGELANG -- Pengelola Sekolah Dasar Katolik Santa Maria Kota Magelang, Jawa Tengah, mewajibkan siswa kelas VI untuk memproduksi film pendek menyangkut pendidikan, sebagai bagian dari mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi.

"Ilmu komputer (TIK) menjadi program unggulan sekolah kami, khususnya untuk pelajaran muatan lokal," kata guru mata pelajaran TIK SD Katolik Santa Maria Kota Magelang Eko Mujiono, Senin (23/3).

Secara bertahap, katanya, para siswa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan tentang komputer, antara lain pengenalan "software", "operating system", animasi, grafis, cara pembuatan dan pengolahan film. Ia menjelaskan siswa kelas I hingga III mendapat pengetahuan tentang pengenalan komputer, kelas IV hingga VI tentang dasar-dasar memproduksi animasi, grafis, dan film.

Sebagai tugas akhir mereka, katanya, sekolah memberikan tugas kepada siswa untuk membuat film tentang profil masing-masing atau kawan mereka di sekolah tersebut yang terkait dengan pendidikan. Ia menjelaskan mereka bekerja dengan sejumlah peralatan, antara lain "handycam", telepon seluler yang berkamera, untuk selanjutnya mengolah hasil rekaman mereka menggunakan aplikasi pembuatan video di komputer. Sekolah tersebut memiliki laboratorium komputer dengan peralatan yang cukup memadai.

"Mereka juga bisa menggunakan 'handycam' bagi yang punya. Dengan kamera dari telepon seluler sebenarnya sudah kami pandang cukup untuk mendukung pembuatan film karya anak-anak," katanya.

Ia menjelaskan pada era digital, penggunaan komputer sudah menjadi suatu kebutuhan untuk mendukung pelaksanaan tugas dan keperluan seseorang, sehingga pihaknya memandang perlu memperkenalkan secara baik dan edukatif tentang penggunaan komputer kepada para siswa.

"Agar anak didik terbiasa menggunakan perangkat tersebut, terutama untuk hal-hal yang bisa diterapkan secara positif," katanya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement