Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Kembalikan Budaya Gotong Royong Bangsa

Selasa 24 Mar 2015 06:20 WIB

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Karta Raharja Ucu

Budaya Gotong Royong

Budaya Gotong Royong

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Pengurus Nasional Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI), Sarsanto Wibisono Sarwono ingin mengembalikan budaya gotong royong. Upaya itu merupakan satu bentuk kontribusi PKBI dalam pemenuhan hak-hak kesehatan masyarakat.

Caranya dengan membentuk PIKM di tingkat akar rumput. PKBI, kata dia, sangat yakin budaya gotong royong masih lekat di masyarakat. Berbagai proses sosial masih digunakan masyarakat untuk menyebarluaskan cara hidup sehat.

"Terlihat masyarakat berbondong-bondong mendatangi tempat pemeriksaan, membawa masyarakat yang sakit ke puskesmas atau rumah sakit,” kata Sarsanto, Senin (23/3).

Masyarakat juga berkeliling menyebarkan informasi tentang segala macam penyakit menular kepada siapapun tanpa pilih kasih. Semua dilakukan tanpa pamrih, sukarela. Ini bukti masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dari gotong royong.

“Harapannya nanti PIKM akan menjadi sarana gotong royong masyarakat dalam mewujudkan Indonesia Sehat secara mandiri sampai pelosok negeri,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA