Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Selalu Merasa Lelah? Bisa Jadi Ini Alasannya

Sabtu 21 Mar 2015 15:00 WIB

Rep: C09/ Red: Ani Nursalikah

Sindrom Kelelahan

Sindrom Kelelahan

Foto: shotsworld

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurang tidur bukan satu-satunya hal yang dapat menguras energi. Hal-hal kecil yang sering kita lakukan atau bahkan sering lupa kita lakukan secara mental dan fisik, dapat membuat kita merasa lelah sepanjang hari.

Berikut ungkapan para ahli mengenai kebiasaan buruk yang dapat membuat kita selalu merasa lelah, seperti dilansir health.com, Jumat (20/3).

Penelitian yang dilakukan di Universitas Georgia menyatakan, meski sibuk, orang dewasa masih harus berolahraga. Olahraga bisa dilakukan dalam skala ringan tiga hari sepekan selama 20 menit.

Sebab, orang yang selalu lelah kadang melewatkan kesempatan untuk berolahraga. Padahal olahraga baik untuk kebugaran tubuh. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan sistem kardiovaskular, memberikan oksigen dan nutrisi ke dalam otak.

Selanjutnya, banyak orang yang merasa lelah karena kurang minum air putih. Kekurangan air akan menyebabkan dehidrasi sehingga terjadi penurunan volume darah dan membuat darah menjadi lebih kental.

Banyak minum air dapat membantu jantung memompa darah lebih efisien dan membantu oksigen mencapai otot dengan cepat. Agar tidak lelah usahakan minum air putih sebanyak kebutuhan normal cairan untuk tubuh.

Alasan lain seseorang mudah lelah adalah kekurangan zat besi. Kurang zat besi dapat membuat seseorang merasa lesu, lemah, tidak fokus, dan mudah marah. Zat besi mampu menghindari kita dari risiko terkena anemia.

Untuk memenuhinya, perbanyak makan daging sapi tanpa lemak, kacang-kacangan dan makanan tinggi vitamin C.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA