Jumat 20 Mar 2015 12:03 WIB

NU Tengarai Buku Agama Ajarkan Radikalisasi

Rep: Andi Nurroni/ Red: Indah Wulandari
Buku PAI kelas XI
Foto: ist
Buku PAI kelas XI

REPUBLIKA.CO.ID,JOMBANG -- Buku pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Jombang, Jawa Timur, terindikasi memuat ajaran Islam radikal. Buku latihan untuk siswa kelas XI semester genap tersebut memuat ajaran seorang Muslim boleh membunuh orang musyrik.

“Yang boleh dan harus disembah hanyalah Allah SWT, dan orang yang menyembah selain Allah telah menjadi musyrik dan boleh dibunuh,” tulis buku tersebut di halaman 170.

Dewan Ahli Ikatan Sarjana NU Jombang Aan Anshori dalam siaran persnya menyampaikan, ia mencurigai ajaran Islam radikal telah disemai melalui institusi pendidikan formal di Jombang.

“Budi pekerti macam apa yang hendak dibangun oleh guru-guru agama dengan mengajari siswanya kebolehan membunuh orang berbeda keyakinan?” ujar Aan, Jumat (20/3).

Menurut hasil analisis yang ia lakukan, Aan berkesimpulan, buku yang ditulis tim MGMP PAI Kabupaten Jombang tersebut berasal dari buku sekolah elektronik (BSE) di laman Kemendikbud. Sumber tersebut, kata Aan, bebas diunduh.

“Artinya, ini telah menjadi ‘ajaran resmi’ secara nasional. Saya menuntut agar buku tersebut segera ditarik dan direvisi sesuai dengan nilai-nilai luhur Islam rahmatan lil alamin yang bersendikan Pancasila dan UUD 1945,” ujar Aan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement