Kamis 19 Mar 2015 06:05 WIB

Benarkah Orang Kidal Mudah Merasa Takut?

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Barack Obama adalah seorang bertangan kidal
Foto: Telegraph
Barack Obama adalah seorang bertangan kidal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Apa yang menyebabkan seseorang menjadi kidal? Para ilmuwan tidak tahu pasti, tapi penelitian kompleks menunjukkan itu terkait dengan gen dan lingkungan.

Orang-orang yang dominan menggunakan tangan kiri mereka biasanya memiliki keluarga yang kidal. ROLers, berikut adalah fakta-fakta unik tentang orang kidal, dilansir dari Everyday Health, Kamis (19/3).

Kidal lebih artistik

Orang kidal biasanya lebih artistik dan inovatif. Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Psychology, ada beberapa bukti yang menunjukkan orang kidal lebih kreatif. Mereka lebih baik dalam berpikir divergen, metode generasi ide yang mengeksplorasi banyak kemungkinan solusi. Orang kidal cenderung tertarik di bidang seni, musik, olahraga, dan teknologi informasi.

Presiden Amerika umumnya bertangan kidal

Memang tidak ada kaitannya, namun ini adalah fakta bahwa kebanyakan presiden-presiden Amerika Serikat bertangan kidal. Mereka antara lain Presiden Obama, Bill Clinton, George HW Bush, dan Gerald Ford, serta presiden masa lalu James Garfield dan Harry Truman. Bahkan, ada rumor bahwa Ronald Regan lahir kidal, namun guru sekolahnya gencar mendorongnya untuk menggunakan tangan kanan ketika masih muda.

Orang kidal handal berolahraga

Legenda golf Phil Mickelson, ace tenis Rafael Nadal, juara tinju dunia Oscar de la Hoya adalah superstar olah raga yang bertangan kidal. Kidal memiliki keuntungan di bidang olah raga sebab bisa mengalahkan lawan di hadapannya dengan menyeimbangkan tangan kanan dan kirinya. Ini tentu menguntungkan bagi orang kidal yang bermain tenis, tinju, dan bisbol, menurut kajian MSNBC dari buku 'The Puzzle of Left-Handedness' karya Rik Smits. Atlet kidal berkesempatan lebih sering untuk mengalahkan lawannya.

Orang kidal mudah takut

Orang-orang kidal mudah merasakan takut dibandingkan orang-orang tangan kanan. Ini adalah penelitian terbaru dari the British Psychology Society.

Para responden kidal diminta untuk menonton film horor 'Silence of the Lambs' berdurasi delapan menit. Ketika diminta untuk mengingat peristiwa dari segmen tertentu film itu, orang kidal lebih mudah stres dan trauma.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement