Senin 16 Mar 2015 04:09 WIB

Guru ini Hibahkan Rp 12 Miliar untuk Sekolah

 Suasana belajar di kelas.   (ilustrasi)
Foto: Republika
Suasana belajar di kelas. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DUBAI -- Nancie Atwell, seorang guru bahasa Inggris dari Maine di Amerika Serikat dinobatkan sebagai guru terbaik di dunia. Dia mendapatkan hadiah senilai 1 juta dolar AS atau sekitar Rp 12 miliar. Guru berhati mulia ini akan menyumbangkan uang dari penghargaan 'Global Teacher Prize' untuk sekolah yang ia dirikan.

Penghargaan itu diberikan di Dubai. Atwell mendapatkan penghargaan atas jasanya dalam mengajarkan para siswa membaca dan menulis. Saat menerima penghargaan tersebut, dia mengatakan profesi sebagai guru merupakan hal yang sangat istimewa. Adalah suatu kebahagiaan bagi dia bisa bekerja menjadi guru dan bisa membantu berbagi ilmu dengan orang-orang muda. Penghargaan ini dibuat oleh Varkey Foundation sebagai puncak penghargaan di dunia pendidikan.  

Apa yang membuat Atwell ini bergitu istimewa? Laman BBC menyebutkan, pada tahun 1990, Atwell mendirikan sekolah pusat pengajaran dan pembelajaran di Edgecomb, Maine. Dia memiliki ide untuk memperbaiki metode pengajaran membaca dan menulis. Sekolah ini memiliki perpustakaan di setiap ruangan. Rata-rata, murid disana membaca 40 buku selama setahun. Dia juga aktif menulis. Dia telah menerbitkan sembilan buku tentang mengajar. Salah satu buku yang dia tulis terjual terjual hingga  500 ribu kopi. 

Mantan presiden AS Bill Clinton yang hadir dalam penghargaan itu mengatakan kepada peserta dan penonton bahwa ia masih bisa mengingat hampir semua nama guru-gurunya. Menurut dia, penghargaan ini akan membantu mengingatkan masyarakat tentang mulianya profesi guru.

"Ini pentng untuk mencari orang-orang terbaik untuk mengajar dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya," ujar Clinton.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement