Ahad 15 Mar 2015 08:54 WIB

BSI Rutin Silaturahim dengan Dunia Industri

Rep: c73/ Red: Damanhuri Zuhri
Bina Sarana Informatika (BSI)
Bina Sarana Informatika (BSI)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala BSI Career Center Heri Kuswara menjelaskan, sharing pengetahuan dengan perusahaan diadakan di ruangan sesuai dengan program studi masing-masing.

Setiap ruangan diisi empat narasumber yang terdiri dari dua praktisi perusahaan dan dua alumni BSI dari perusahaan tersebut, serta diikuti sekitar 20 dosen.

Perusahaan yang berpartisipasi dalam kegiatan sharing ini merupakan perusahaan yang di dalamnya juga mempekerjakan lulusan BSI.

Di dalamnya, para dosen akan mengevaluasi terlebih dahulu lulusan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut. Untuk kemudian, meminta masukan apa yang masih kurang dari kualitas lulusan tersebut.

Selanjutnya, para dosen akan meminta masukan dan saran mengenai kebutuhan kerja saat ini. Sehingga, kampus dapat memperbaharui kurikulum yang sesuai kebutuhan industri. Kegiatan sharing dengan industri ini diadakan setiap dua tahun sekali.

“BSI membuka diri, kira-kira mata kuliah apa yang mesti disinergikan dengan dunia kerja. Apa yang dibutuhkan para pengguna lulusan supaya lulusan kami punya daya saing yang baik,” terangnya.

Setelah sarasehan, acara dilanjut dengan kesepakatan kerjasama tertulis (MoU) dengan 110 perusahaan. Kerjasama meliputi tiga bidang di antaranya, kerjasama perekrutan SDM lulusan, program magang untuk mahasiswa, dan kunjungan ilmiah ke dunia industri baik dosen maupun mahasiswa.

Menurutnya, MoU dengan perusahaan diadakan setiap dua tahun sekali. Dalam hal ini, BSI akan mempersiapkan mahasiswanya agar dapat magang dan diterima bekerja di berbagai perusahaan yang bekerja sama sesuai dengan kualifikasi dan kompetensi yang diminta.

Sebaliknya, setelah ada komitmen kerjasama perusahaan pun akan memprioritaskan mahasiswa atau lulusan BSI dalam hal magang atau perekrutan tenaga kerja. Hal ini tentunya dengan mengedepankan profesionalisme dan objektifitas.

Terakhir, kegiatan dilanjut dengan ramah tamah antara dosen dan beberapa mahasiswa dengan sejumlah perusahaan itu. Heri menjelaskan, kegiatan silaturahim BSI dengan dunia industri diadakan rutin setiap satu tahun sekali.

Talent Sourching Officer PT Karya Putra Surya Gemilang Orida Siahaan mengatakan, perusahaannya sudah menjalin hubungan kemitraan dengan BSI dan masih memiliki kontrak kerjasama hingga 2016. Namun dalam Mou kali ini, terdapat beberapa pembaharuan.

Perusahaan yang melayani sejumlah perbankan dan asuransi ini, akan membantu para alumni dari berbagai kampus untuk mendapat lapangan pekerjaan sesuai keinginan karir mereka.

Di samping itu, perusahaan akan membantu mengalokasikan para alumni ke beberapa perusahaan klien dan melengkapinya dengan sertifikasi pekerjaan. Dengan sertifikasi ini, lulusan kampus tersebut dapat meningkatkan karir mereka di dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement