Ahad 15 Mar 2015 08:00 WIB

Mau Sehat, Ini Cara Mengatur Lemak Dalam Tubuh

Rep: C22/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Makanan tinggi lemak, gula dan kalori (ilustrasi)
Makanan tinggi lemak, gula dan kalori (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lemak bisa menjadi teman dan musuh dalam tubuh. Bagaimana cara lemak bisa menjadi teman dalam tubuh? Simak tipsnya berikut ini.

Lemak merupakan salah satu dari tiga nuttisi utama dalam makanan yang dibutuhkan tubuh. Lemak berfungsi sebagai energi tertinggi dalam tubuh, selain karbohidrat dan ptotein.

Lemak ada yang baik dan kurang baik untuk tubuh. Lemak yang dikonsumsi tubuh sekitar 60 gram untuk asupan 2000 kilo kalori perhari.

Pakar nutrisi Indonesia, Emilia Achmadi memaparkan lemak tidak harus dihindari, karena tubuh membutuhkan lemak. Agar lemak tidak dihindari, ada beberapa cara mengatur lemak.

Lemak dapat diatur dengan cara mengganti makanan, misalnya santan diganti dengan susu. Lemak juga bisa diatur dengan mengubah cara memasak makanan. Makanan yang biasa dimasak dengan cara digoreng, harus beralih dengan menumis, baking, atau steaming.

Memperhatikan porsi juga menjadi cara untuk mengatur lemak. Cara itu dengan berbagi makanan dan mengurangi frekuensi makan.

"Intinya bertemanlah dengan lemak. Lemak bagian dari gaya hidup sehat,"  ujar Emilia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement