Jumat 13 Mar 2015 06:50 WIB

Berikut Alasan Pentingnya Vaksin Flu Saat Hamil

Vaksin Flu (ilustrasi)
Foto: gizmodo.com
Vaksin Flu (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Influenza mungkin dianggap sebagai penyakit ringan karena selesma (cold) secara salah kaprah dianggap sebagai influenza atau flu. Jangan remehkan penyakit yang menyebabkan hidung tersumbat itu dan gejala-gejalanya mirip selesma.

Salah satu cara mencegah influenza adalah dengan imunisasi. Inilah alasan mengapa Anda sekeluarga harus mendapatkan vaksin flu seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Influenza bisa mematikan

H1N1 sangat berbahaya bagi anak-anak. Para ahli kesehatan tidak memercayai kabar bahwa virus ini sudah melemah. Menurut laporan Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Lebih dari 270 anak meninggal akibat flu pada tahun 2011. Perempuan hamil juga berisiko tinggi, mereka menyumbang 5 persen kematian akibat H1N1. Ibu hamil yang terjangkit H1N1 juga berisiko tinggi mengalami gangguan janin dan kelahiran prematur.

Semua orang harus dapatkan vaksin flu

CDC telah memerbesar jangkauan orang yang harus mendapatkan vaksinasi flu. Orang yang berusia di atas 6 bulan wajib mendapatkan vaksin flu. Itu berarti orang tua juga harus mendapatkan vaksin flu karena kekebalan tubuh pasti menurun dari waktu ke waktu. Meskipun Anda sedang hamil, vaksin flu boleh diberikan.

Vaksin flu aman

Vaksinasi flu adalah satu-satunya vaksin yang mungkin masih mengandung thimerosal, sejenis merkuri yang digunakan sebagai pengawet. Meskipun banyak orang tua khawatir bahwa merkuri dapat menyebabkan autisme, namun tidak ada bukti yang bisa meyakinkan bahwa itu terjadi, kata Daniel Frattarelli, MD, dokter anak di Rumah Sakit Oakwood, di Dearborn, Michigan.

Flu bisa menyebabkan pneumonia berat

Pakar kesehatan masyarakat prihatin karena ada peningkatan jumlah anak-anak yang menderita influenza yang juga mengalami pneumonia disebabkan oleh bakteri antibioticresistant atau dikenal sebagai MRSA. Flu disebabkan oleh virus, tetapi menderita flu membuat beberapa anak-anak lebih rentan terhadap bakteri yang berpotensi mengancam nyawa.

Idealnya medapatkan vaksin flu adalah sekarang

Pastikan mendapatkan vaksin flu sekarang karena influenza bisa hinggap saat suhu rendah. "Kami selalu berusaha untuk mendapatkan vaksin flu sebelum Halloween," kata Carrie Byington, MD, anggota Komite AAP pada Infectious Diseases.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement