Ahad 15 Mar 2015 05:55 WIB

Lelah dan Mual? Bisa Jadi Anda Mengidap Gagal Ginjal

Rep: C22/ Red: Indira Rezkisari
Ginjal
Ginjal

REPUBLIKA.CO.ID, Penyakit gagal ginjal memiliki lima stadium. Penyakit ini umumnya akan terdeteksi pada stadium empat.

Penyakit gagal ginjal merupakan penyakit kronis yang penanganannya tergolong sulit. Penyakit ini disebut sebagai silent disease, karena penderita gagal ginjal akan mengetauhi penyakitnya ketika menginjak stadium empat.

Prof. DR. dr. Parlindungan Siregar, SP. PD-KGH mengatakan banyak penderita penyakit ini yang tidak menyadari dirinya sedang mengalami kerusakan pada organ ginjalnya. Ketika penderita menunjukkan gejala-gejala seperti kelelahan, mual, dan muntah-muntah, penderita baru menyadari sedang menderita gagal ginjal. Gagal ginjal dengan gejala seperti itu berada pada stadium empat dan merupakan penyakit ginjal kronik.

Penderita yang mengalami gagal ginjal stadium empat sangat sulit untuk disembuhkan. Penderita harus menjalani cuci darah minimal satu kali dalam seminggu.

Sebagai salah satu upaya pencegahan dini penyakit gagal ginjal, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) mengatakan masyarakat harus banyak minum air putih sesuai dengan kebutuhan setiap individu. Selain itu melakukan pengecekan ginjal bagi individu yang memiliki riwayat ini pada anggota keluarganya. Pengecekan merupakan cara yang cepat untuk mendeteksi dini.

"Pengecekan penyakit ini bisa dilakukan dengan pengecekan urin," ujar dr. Parlian di JW Marriot Hotel, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement