Saturday, 27 Syawwal 1443 / 28 May 2022

Lakukan Ini Saat Hendak Berkemas untuk Liburan

Sabtu 07 Mar 2015 14:01 WIB

Rep: C22/ Red: Indira Rezkisari

.

.

Foto: AP

REPUBLIKA.CO.ID, Banyak orang merasa dipusingkan dengan cara berkemas yang simpel ketika melakukan perjalanan. Padahal berlibur seharusnya membuat Anda bebas stres, termasuk dengan urusan koper.

Ketika semua orang sudah siap, jam terus berdetak, Anda masih berlutut di antara koper untuk memasukkan pakaian, dan menarik-narik risleting. Kemudian, Anda memasukkan koper ke dalam bagasi mobil secara paksa. Anda menyeret koper yang besar dan kuat menuju bandara.

Anda pun berjalan dengan sepatu dan membawa laptop menuju pintu keamanan, sembari masih terus berusaha memasukkan tas yang menggelembung ke dalam kompartemen yang sudah penuh. Seharusnya perjalanan tidak perlu sebegitu berat.

Anda hanya harus memperhatikan sejumlah cara mengemas pakaian agar perjalanan berikutnya bisa lebih mudah. Berikut tipsnya, dikutip dari Post Gazette, Sabtu (7/3).

Sepatu yang cocok

Batasi diri dengan hanya membawa satu sepatu. Setelah semua selesai, Anda akan mengambil sepasang sepatu dan meninggalkan sepatu yang lainnya. Jangan melupakan ruang untuk menaruh kaus kakai dan benda-benda kecil. Jika bisa membawa satu sepatu saja, itu akan lebih baik.

Potongan kabel

Gunakan kacamata lama  untuk menyimpan kabel listrik dan pengisian daya. Anda akan menyelamatkan diri anda dari rasa frustasi yang anda sebabkan sendiri dari kekusutan kabel listrik. Pada kasus yang sama, gunakan wadah pil untuk menaruh perhiasan, wadah permen untuk menaruh jepitan, dan tabung lip balm untuk menyimpan gulungan uang tunai.

Memiliki cadangan identitas

Pindai atau foto SIM, paspor, tiket, dan jadwal (dengan alamat) dan kirimkan di email anda. Simpan pula di ponsel. Sekarang Anda memiliki cadangan yang bisa digunakan jika kehilangan data yang asli. Anda bisa mengambil cadangan itu dari email.

Dapatkan penerbangan pertama

Cobalah untuk mendapatkan penerbangan pertama di hari itu. Penerbangan ini seringkali lebih murah, karena sedikit orang yang menggunakan penerbangan paling awal. Terlebih lagi, penerbangan pertama memiliki kesempatan terbaik untuk menghindarai penundaan. Cuaca masih menjadi penyebab tertundanya penerbangan, tetapi efek domino dari keterlambatan penerbangan sebelumnya sudah diminimalkan. Penerbangan dijadwalkan antara pukul 11.00-23.00 memiliki kemungkinan terbesar untuk ditunda atau dibatalkan.

Mudah datang, mudah pergi

Minta teman untuk menjemput di terminal keberangkatan. Anda akan selalu melihat keramaian kecil dan lalu lintas yang tak terlalu padat di sisi keberangkatan. Terlebih lagi, Anda akan mempunyai waktu lebih banyak untuk bersantai di tempat parkir sebelum polisi bandara meminta Anda untuk pindah.

 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA