Ahad 01 Mar 2015 07:44 WIB

'Lulus Kuliah tak Harus Jadi PNS'

Aktivitas PNS DKI Jakarta
Foto: Antara
Aktivitas PNS DKI Jakarta

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG -- Lulusan kampus harus bisa kreatif. Rektor Universitas Andalas (Unand) Padang Werry Darta Taifur mengatakan bahwa lulusan mahasiswa jangan selalu berharap untuk bekerja menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Menurut dia, sudah seharusnya saat ini para alumni berpikir untuk menciptakan lapangan kerja, bukan hanya berpikir untuk kerja tanpa tahu arah dan tujuannya.

Sebab menurutnya, saat ini banyak lulusan perguruan tinggi yang bekerja menjadi PNS tidak mengalami perkembangan dalam karirnya. Akibatnya para lulusan ini hanya bisa mematuhi perintah atasan tanpa ada peluang untuk berkembang.

Bahkan katanya, bagi PNS yang masuk bukan pada bidang keahliannya menjadikan ilmu yang dikuasainya selama kuliah di perguruan tinggi menjadi kurang bermanfaat. Selain itu kata Werry, aturan yang ketat dan mengikat menjadi abdi negara juga menjadikan para lulusan ini kadang mengalami tekanan yang berakibat rendahnya produktivitas kerja.

"Menjadi PNS bukan suatu larangan, namun lebih baik mahasiswa kreatif membuka usaha kecil-kecilan, namun bermanfaat bagi berbagai aspek," ujarnya, saat memberikan wejangan kepada wsudawan, Sabtu (28/2).

Di samping itu dengan berwirausaha ini lulusan mahasiswa dapat lebih mengembangkan kreativitasnya, sehingga dapat menciptakan berbagai inovasi. Salah satu dukungan pemerintah ini katanya, adanya moratorium lowongan PNS sebanyak 150 ribu orang pada tahun ini.

Sebaliknya pemerintah memberi kesempatan bagi kaum muda untuk dapat membuka usaha dengan pemberian dana atau pinjaman dengan bunga ringan. Tujuannya agar kaum muda yang membuka usaha jumlahnya semakin meningkat.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement