Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Pusri Salurkan 178 Ribu Ton Pupuk Bersubsidi di Sumatra dan Jawa

Kamis 26 Feb 2015 10:05 WIB

Red: Angga Indrawan

Pupuk (ilustrasi)

Pupuk (ilustrasi)

Foto: Antara

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Perseroan Terbatas (PT) Pupuk Sriwidjaja Palembang telah menyalurkan 178.707 ton pupuk urea bersubsidi kepada petani di sembilan wilayah kerjanya yang meliputi beberapa provinsi di Sumatra dan Pulau Jawa hingga Februari 2015.

"Pupuk urea bersubsidi itu disalurkan kepada petani di lima provinsi dalam wilayah Sumatera Bagian Selatan yang meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Lampung, dan Bangka Belitung dan empat daerah di Pulau Jawa meliputi Banten, DKI Jakarta, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta," kata Manager Humas PT Pusri Sulfa Ghani di Palembang, Kamis (26/2).

Menurut dia, realisasi penyaluran pupuk tersebut di bawah target yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pertanian sebesar 229.001 ton. Tidak maksimalnya realisasi penyaluran pupuk kepada petani di sembilan provinsi wilayah rayon PT Pusri disebabkan penyerapan pupuk pada penghujung musim tanam tahap I (Oktober-Maret) mulai berkurang.

Realisasi penyaluran pupuk urea bersubsidi, kata Sulfa, diprediksi beberapa bulan ke depan tidak mengalami peningkatan yang berarti karena sekarang  kegiatan menanam berkurang dan petani mulai memasuki musim panen. Dia menjelaskan, meskipun penyerapan pupuk rendah, pihaknya tetap berupaya menjaga stok di gudang lini tiga atau tingkat kabupaten tersedia dalam jumlah cukup atau sesuai dengan rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) petani.

"Posisi stok urea bersubsidi per provinsi rayon PT Pusri pada Februari 2015 ini sangat aman mencapai 90.046 ton atau di atas ketentuan stok yang ditetapkan pemerintah sebesar 51.397 ton," ujar Sulfa.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA