Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Kamis, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 Januari 2020

Baznas Kota Padang Bedah Rumah tak Layak Huni

Senin 23 Feb 2015 11:52 WIB

Rep: c 70/ Red: Indah Wulandari

Perbaikan Rumah tak Layak Huni

Perbaikan Rumah tak Layak Huni

Foto: dok RZ

REPUBLIKA.CO.ID,PADANG--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang memberikan bantuan program bedah rumah kepada salah seorang warga Kelurahan Air Manih, Kecamatan Padang Selatan.

"Kalau bedah rumah sebelumnya kita hanya menganggarkan sebesar Rp 20 juta. Tetapi, rumah Kang Fiki ini sengaja kita lebihkan untuk membangun dapur dan WC-nya, karena beliau lumpuh dan harus kita berikan prioritas," lanjut Ketua Baznas Kota Padang Episantoso, Senin (23/2).

Bedah rumah ini menelan biaya lebih dari Rp 22,5 juta.  Ia menambahkan, selain membantu dalam pembangunan rumah, Baznas juga membantu pengobatan dari pria yang didera lumpuh selama belasan tahun itu.

"Kami juga memberikan fasilitas antar jemput beliau ke rumah sakit untuk penyembuhan sakit beliau. Seluruh biayanya dibantu Baznas," tambah Epi.

Sementara itu, Wali Kota Padang Mahyedi Ansharullah mengatakan, hasil bedah rumah Kang Fiki (42 tahun) terlihat lebih istimewa lantaran langsung dibangun dapur dan WC.

Menurutnya, pria itu memang mendapat perhatian khusus dari Baznas Kota Padang yang bekerjasama dengan LAZ Ar-Risalah karena kondisi fisiknya yang kurang sempurna.

Terlebih, lanjutnya, Kang Fiki hidup seorang diri. Sehingga, perlu fasilitas yang memudahkannya dalam melakukan aktifitas di dalam rumah.

"Orang-orang seperti beliau perlu mendapat perhatian kita bersama," kata Mahyeldi.

Rumah Kang Fiki yang tadinya tak layak huni, saat ini dibangun lebih memadahi dengan ukuran 7x6 meter, terdiri dari satu kamar tidur dan satu ruang tamu, ditambah dapur dan WC.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Padang mempunyai program, peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan.

Salah satunya, yaitu program bedah rumah yang menjadi program prioritas Pemkot Padang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA