Jumat 20 Feb 2015 06:24 WIB

Pramuka Penajam Ikut Jambore Internasional di Jepang

Pramuka
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Pramuka

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Pramuka tingkat Penggalang Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, akan mengikuti Jambore Internasional di Jepang yang akan berlangsung 28 Juni hingga 8 Agustus 2015.

"Tahun ini (2015) kami akan mengirimkan empat anggota pramuka tingkat Penggalang ke ajang Pramuka Internasional di Jepang," ungkap Bupati Penajam Paser Utara, Yusran Aspar, Kamis (19/2).

Rabu (18/2) Yusran Aspar dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka pada Pelantikan Pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara, periode 2015-2019.

Gerakan pramuka menurut Yusran Aspar, merupakan pendidikan nonformal yang berkesinambungan.

"Pemerintah terus berupaya memajukan gerakan Pramuka, salah satunya, mengirim empat pelajar tingkat Penggalang mengikuti Jambore di Jepang untuk menimba pengalaman," katanya.

Selain itu, kata Yusran Aspar, pemerintah juga senantiasa mendukung revitalisasi gerakan pramuka di Penajam Paser Utara serta membangun gedung pramuka yang ditargetkan bisa rampung dan diresmikan pada 2015.

Wakil Andalan Kwarcab Gerakan Pramuka Bidang Organisasi dan Hukum Kabupaten Penajam Paser Utara, Suyanto mengatakan, empat anggota pramuka yang akan dikirim ke ajang Pramuka Internasional tersebut, masing-masing dua orang pria dan dua orang wanita.

Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara, kata Suyanto, tidak menyertakan pendamping untuk ikut ke Jepang sehingga empat anggota pramuka tingkat Penggalang tersebut, langsung bergabung dengan kwartir daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur.

"Keempatnya akan langsung bergabung dengan Kwarda Kaltim. Jadi, tidak ada pendampingan. Untuk biaya diperkirakan berkisar Rp 100 juta atau Rp 25 juta per orang," kata Suyanto.

Ketua Mabicab beserta jajaran pengurus Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara, dilantik oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Kalimantan Timur, HM Hatta Zainal.

Sedangkan, Wakil Ketua DPRD, Sudirman yang dilantik sebagai Ketua Kwarcab beserta jajaran pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara, dilakukan oleh Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Penajam Paser Utara, Yusran Aspar.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement