Senin 16 Feb 2015 18:20 WIB

UPH Putra Juara LIMA Nasional Basket

Tim Bakset Putra UPH saat menerima gelar juara LIMA Nasional Basket musim ketiga di Surabaya, Ahad (15/2).
Tim Bakset Putra UPH saat menerima gelar juara LIMA Nasional Basket musim ketiga di Surabaya, Ahad (15/2).

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA–-Gagal di Air Mineral Prim-A Greater Jakarta Conference, tim basket putra Universitas Pelita Harapan (UPH) membalasnya langsung di final LIMA Nasional dengan keluar sebagai juara. UPH menaklukkan jagoan Bandung ITHB dengan skor tipis 47-45, dalam laga yang digelar di GOR Kertajaya, Surabaya, Ahad (15/2).

Pertandingan kedua tim tersebut berjalan alot sejak awal hingga kuarter akhir. ITHB memimpin terlebih dahulu di kuarter pertama dengan skor 15-9. Kuarter berikutnya, ITHB masih memegang kendali permainan dengan unggul 25-16. Tapi kemudian UPH melakukan laju gemilang dengan mencetak sembilan poin tanpa kemasukan untuk menyamakan kedudukan menjadi menjadi 25-25 saat jeda halftime.

Memasuki kuarter ketiga, UPH mengambil alih keunggulan. Berada di posisi yang tidak menguntungkan, ITHB mulai menerapkan defense yang ketat. Kedua tim juga lebih bermain hati-hati. Tertinggal 35-30, ITHB terus berusaha keras mencoba menembus pertahanan UPH yang sulit ditembus.

UPH berusaha menambah angka di detik terakhir lewat tembakan on three Christian Gunawan. Sayangnya tembakan tersebut meleset. ITHB akhirnya bisa memperkecil ketinggalan dengan selisih dua angka, 36-34.

Kuarter terakhir menjadi masa yang paling menegangkan. Unggul sementara 38-36, Jan Misael Panagan melakukan two point shoot. ITHB kembali imbang dengan UPH, skor menjadi 38-38.

Selang beberapa menit kemudian giliran tembakan tiga angka Hans Abraham yang memuat UPH kembali unggul 41-38. Sisa dua menit jelang berakhirnya pertandingan, UPH unggul lima angka, 47-42 namun lagi-lagi Jan Misael memberi harapan lewat tembakan tiga angka dan mengubah kedudukan menjadi 47-45. Sayangnya, ITHB tidak memiliki cukup waktu. UPH yang dipoles pelatih Stephen Metcalfe akhirnya keluar sebagai juara.

Bagi sang kapten UPH Christian Gunawan yang juga meraih top steal, percaya terhadap tim menjadi salah satu kunci kemenangan timnya. “Pelatih bilang kalau kami harus percaya sama tim. Kuarter awal ITHB yang menekan kami, lalu kami tekan balik,” tutur Christian.

Randika Aprillian dari ITHB dan Taufik Ramadan dari UPH sama-sama membukukan 12 poin. UPH mendapat tambahan gelar dari Rivaldo Tandra yang sukses menjadi Most Valuable Player (MVP). Dari sektor putri, tuan rumah Ubaya menjadi juara setelah mengalahkan UEU di final.

Berikut hasil LIMA Nasional Basket Musim III, Ahad (15/2):

1.    Unair vs UPH (pi): 35-56 (peringkat 3 putri)

2.    UEU vs Perbanas (pa): 65-55 (peringkat 3 putra)

3.    Ubaya vs UEU (pi): 77-68 (peringkat 1 putri)

4.    UPH vs ITHB (pa): 47-45 (peringkat 1 putra)

Berikut daftar Individual Award:

Putra dan Putri

1.    Top skor: Benny Wijaya (ITHB) dan Annisa Widyarini (Unair)

2.    Top rebound: Sandy Ibrahim (Perbanas) dan Gabriel Sophia (Ubaya)

3.    Top assist: Abraham Damar (UEU) dan Fitriyana Sari Dewi (UEU)

4.    Top block: Steven Oei (UPH) dan Yuliana Anggita Bening (Unair)

5.    Top steal: Christian Gunawan (UPH) dan Anne Innesa (UEU)

6.    All Academic player: Kevin Moses Poetiray (UEU) dengan IPK 4,00 dan Angel Nuach (Unair) dengan IPK 4,00

7.    Best management: ITHB Bandung (putra) dan UEU (putri)

8.    Best coach: Ricky Gunawan (ITHB putra) dan Abrizal Hasiholan (UEU Putri)

9.    MVP: Rivaldo tandra (UPH) dan Gabriel Sophia (Ubaya)

 

sumber : LIMA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement