Senin 16 Feb 2015 16:58 WIB

Ini Manfaat Minum Air Lemon Setiap Hari

Rep: C09/ Red: Winda Destiana Putri
Lemon (ilustrasi)
Foto: En.wikipedia.org
Lemon (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minum air lemon setiap pagi adalah hal sederhana yang dapat dilakukan jika anda ingin meningkatkan kesehatan.

Air lemon memiliki efek luar biasa bagi tubuh secara keseluruhan. Dilansir dari Eat Local Grown, Senin (16/2) berikut manfaat air lemon yang dikonsumsi secara rutin.

Melancarkan sistem pencernaan

Air lemon memiliki struktur yang sama dengan cairan di dalam perut yang dapat membantu melancarkan sistem pencernaan dan membilas racun yang tersisa di organ tersebut. Air lemon juga membantu meringankan gangguan pencernaan seperti mulas dan kembung. Jika dikonsumsi setiap hari, air lemon akan membantu merangsang usus dalam memproduksi cairan empedu dan mengencerkan tinja.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Air lemon kaya akan vitamin C yang dapat membantu memperkuat sistem imun dan melindungi tubuh dari influenza. Namun, tidak hanya vitamin C yang penting untuk kekebalan, tubuh pun perlu zat besi. Air lemon membantu meningkatkankan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi lebih banyak dari makanan yang dimakan

Menghindari dehidrasi

Air lemon penting untuk menjaga tubuh dari dehidrasi terutama di musim panas. Meskipun air putih masih menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi dehidrasi, namun air lemon dapat menjadi variasi pilihan minuman yang juga mampu meningkatkan energi dan mood. Oleh karena itu, air lemon baik diminum saat pagi atau siang hari.

Meremajakan dan menyehatkan kulit

Lemon diketahui kaya akan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. Radikal bebas menyebabkan penuaan kulit dan vitamin C yang terdapat pada air lemon mampu mempertahankan elastisitas kulit dan mencegah pembentukan keriput.

Membantu menurunkan berat badan

Air lemon mampu membantu menurunkan berat badan dalam jangka panjang. Air lemon diketahui mampu memerangi rasa lapar, meningkatkan metabolisme dan menahan nafsu untuk mengemil di waktu sebelum atau sesudah makan.

Membersihkan tubuh

Air lemon membantu membersihkan racun yang ada di dalam tubuh dan mencegah kerusakan sel, jaringan, dan organ tubuh. Air lemon juga dapat merangsang hati untuk menghasilkan lebih banyak enzim dan bekerja lebih efisien. Air lemon bekerja sebagai diuretik yang dapat menjaga saluran kemih dari racun dan mengubah tingkat pH yang dapat mencegah pertumbuhan bakteri. Oleh karena itu, air lemon sangat bagus dikonsumsi oleh penderita infeksi saluran kemih

Menyegarkan nafas

Air lemon mampu membantu menyegarkan nafas dan melawan bakteri mulut. Namun, hindari mengonsumsi lemon langsung tanpa diperas, karena kandungan asam sitratnya mampu mengikis enamel gigi.

Menghindari kanker

Antioksidan dalan air lemon tidak hanya dapat melindungi kulit dari penuaan, tetapi juga dapat mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Kanker tumbuh dalam lingkungan asam dan lemon dapat menetralisir asam. Selain itu, air lemon juga mampu menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker dan mengurangi risiko terkena kanker pertama kali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement