Selasa 10 Feb 2015 07:43 WIB

Konsumsi Sosis Berlebihan Sebabkan Kanker

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Agung Sasongko
Sosis (ilustrasi)
Foto: www.knightsmeats.com.au
Sosis (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Konsumsi lebih dari 150 gram daging olahan per hari setara dengan tiga buah sosis. Ini ternyata menempatkan Anda berisiko 57 persen menderita kanker pankreas seperti halnya perokok.

Sebuah laporan terbaru dari Swedia menemukan fakta jika makan sosis berlebihan meningkatkan risiko kanker pankreas hingga 57 persen, maka merokok bisa meningkatkan kanker pankreas hingga 70 persen. Konsumsi daging merah dan daging olahan tertentu juga dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker usus, esofogus, paru-paru, perut, dan prostat.

Daging olahan ini termasuk ham, babi, sosis, salami, prosciutto, dan daging kornet. Clare Hughes dari Cancer Council mengatakan, daging olahan seperti sosis itu tinggi garam dan lemak. Selain itu, bahan kimia seperti nitrit yang ditambahkan ke banyak daging olahan untuk mempertahankan warna dan mencegah kontimanis. Jika sudah sampai di perut, nitrit akan dikonversi menjadi nitrosamin karsinogenik.

Makan 50 gram sosis sepekan sekali mungkin tidak masalah untuk Anda, namun jika memakannya setiap hari maka itu akan membahayakan. Jika Anda hobi makan sosis, maka baiknya menambahkan banyak salad atau sandwich. Makanlah sosis berkualitas baik dengan banyak vegies.

Kanker pankreas adalah salah satu bentuk kanker paling mematikan. Kurang dari lima persen saja penderitanya yang bisa hidup lebih dari lima tahun.

Setara apakah 50 daging olahan itu? Ini setara dengan 1-3 batang sosis, dua iris daging ham, satu hotdog atau frankfurter, sepotong salami, dan dua iris daging untuk makan siang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement