Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Pantai Gading Persembahkan Gelar Juara Piala Afrika untuk Rakyatnya

Senin 09 Feb 2015 19:21 WIB

Red: Israr Itah

Tim Pantai Gading merayakan gelar juara Piala Afrika 2015

Tim Pantai Gading merayakan gelar juara Piala Afrika 2015

Foto: AP Photo/Sunday Alamba

REPUBLIKA.CO.ID, BATA--Pelatih Herve Renard mendedikasikan trofi juara Piala Afrika 2015 kepada rakyat Pantai Gading. Les Elephants menjadi juara setelah menaklukkan Ghana 9-8 lewat adu penati di Stadion Bata, Guinea Khatulistiwa, Senin (9/2) dini hari WIB.

"Kami mendedikasikan kemenangan ini untuk rakyat Pantai Gading," kata pelatih asal Prancis yang pernah membawa Zambia juara Piala Afrika 2012 juga lewat adu penalti melawan Pantai Gading yang kini dilatihnya.

"Sepak bola mempunyai unsur ajaib dalam mempersatukan semua kelompok etnis, semua orang yang mungkin tidak mengira berada di jalan yang sama. Hari ini Pantai Gading bahagia sekali dan itulah yang paling penting."

Sukses ini membuat Renard menjadi pelatih pertama yang mempersembahkan trofi Piala Afrika untuk dua negara berbeda.

Bagi Pantai Gading, ini kedua kalinya mereka menjadi juara Piala Afrika setelah edisi 1992. Uniknya lawan yang mereka kalahkan sama yakni Ghana, juga lewat adu penalti.

"Saya bahagia sekali untuk Pantai Gading yang telah menantikan ini selama 23 tahun. Pesan saya sejak kami memulai berlatih pada 5 Januari selalu sama, bahkan ketika kami memulai dengan awal yang buruk melawan Guinea, kami senantiasa berada di jalur."

"Para pemain telah mempersembahkan segalanya dan hari ini mereka pantas diganjar. Dalam hidup Anda boleh kalah, namun yang penting adalah selalu bangkit kembali dan tidak pernah menyerah," kata dia.

 

sumber : Antara/AFP
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA