Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Minyak Zaitun Cegah Kerutan Saat Masa Kehamilan

Sabtu 07 Feb 2015 14:41 WIB

Red: Erik Purnama Putra

Minyak zaitun.

Minyak zaitun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minyak zaitun dikatakan efektif untuk mecegah terbentuknya kerutan di kulit pada masa kehamilan, kata Ketua Ketua Umum Persatuan Obstetri Ginekolog Indonesia Indonesia (POGI) dr Nurdadi Saleh SpOG.

"Minyak zaitun paling baik untuk mencegah terjadinya stretch mark," kata Nurdadi, saat berbicara di acara kampanye 1.000 senam ibu hamil di Jakarta, Sabtu (7/2).

Nurdadi mengatakan, minyak adalah cairan yang dapat melenturkan kulit saat tubuh beradaptasi mengikuti perubahan bentuk tubuh saat kehamilan. Dengan minyak zaitun, kata Nurdadi, kulit tidak akan mengalami kerutan ketika bentuk tubuh mengalami perubahan karena perkembangan janin dalam perut.

Minyak zaitun dioleskan pada kulit perut agar lebih elastis ketika mengikuti bentuk perubahan pada tubuh. Namun, Nurdadi menyarankan agar minyak zaitun juga dioleskan pada bagian tubuh yang akan mengalami perubahan bentuk dan bisa menimbulkan kerutan.

"Tapi sebaiknya tidak hanya di perut saja, tapi oleskan juga di sekitar bokong, paha, dan juga di sekitar payudara," tutur Nurdadi.

Nurdadi mengatakan, kerutan di kulit saat kehamilan memang kerap dialami oleh ibu hamil seiring membesarnya janin dalam kandungan. Kerutan tersebut akan mulai terlihat membekas seusai persalinan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA