Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Monday, 12 Rabiul Awwal 1443 / 18 October 2021

Minyak Jagung Efektif Kurangi Kolesterol Dibanding Minyak Zaitun

Rabu 04 Feb 2015 00:12 WIB

Rep: MGROL33/ Red: Winda Destiana Putri

Minyak Jagung

Minyak Jagung

Foto: Foxnews

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebuah penelitian di Amerika mengungkapkan bahwa minyak jagung dapat mengurangi kolesterol pada tubuh. Minyak Jagung dinilai lebih efektif dibandingkan dengan minyak zaitun.

Dilansir dari Foxnews, Rabu (4/2) dalam penelitian terhadap 54 pria dan wanita sehat yang berpartisipasi dalam studi, mereka menerima empat sendok makan. Salah satunya menggunakan minyak dalam makanan yang sama setiap hari. Peneliti mengukur sampel darah para peserta sebelum dan setelah penelitian.

Pada studi acak Crossover, para peneliti di Biofortis, sebuah tim peneliti gizi klinis global untuk klien industri makanan, menemukan bahwa minyak jagung menurunkan kolesterol LDL hampir 11 persen, dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin yang hanya mampu mengurangi sebanyak 3,5 persen. Minyak jagung menurunkan kolesterol dengan total lebih dari 8 persen, dibandingkan dengan sekitar 2 persen minyak zaitun extra virgin.

Tim penerliti menjelaskan bahwa penyebab minyak jagung lebih efektif dalam mengurangi kadar kolesterol dibandingkan dengan minyak zaitun extra virgin karena memiliki jumlah sterol yang lebih besar. Sterol adalah zat yang ditemukan dalam produk, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan dan minyak sayur. Sebuah bukti-bukti menunjukkan bahwa mereka memainkan peran penting dalam mempertahankan diet yang sehat untuk jantung.

"Hasil studi menunjukkan minyak jagung memiliki efek signifikan lebih besar pada kadar kolesterol darah daripada minyak zaitun extra virgin, karena sebagian besar memiliki kemampuan alami kolesterol-blocking sterol," kata pemimpin peneliti Dr Kevin C Maki, dari Biofortis.

"Temuan ini menambah orang-orang dari penelitian sebelumnya yang mendukung manfaat positif dari minyak jagung kesehatan jantung, dan menyelaraskan dengan rekomendasi untuk mengganti lemak jenuh dengan lemak tak jenuh, seperti yang ditemukan dalam minyak jagung."

Perlu diketahui bahwa kolesterol tinggi merupakan faktor berisiko untuk timbulnya penyakit jantung, yang merupakan penyebab utama kematian di Amerika Serikat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), sekitar 600.000 orang Amerika meninggal karena penyakit jantung setiap tahun. Kondisi itu bertanggung jawab untuk 1 dari 4 total kematian tahunan di AS.

Studi ini didanai oleh ACH Food Companies, Inc, yang menghasilkan produk minyak jagung Mazola.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA