Senin 02 Feb 2015 09:26 WIB

Ujian Nasional Tingkat SMA 13 April 2015

Rep: c64/ Red: Taufik Rachman
Ujian Nasional SMP
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Ujian Nasional SMP

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN)  hanya menunggu beberapa bulan lagi, tepatnya pada 13-15 April UN tingkat SMA/Sederajat dilaksanakan secara serentak. 

Kepala Pusat Pendidikan (Kapuspendik), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Prof Nizam bekata, "Alhamdulillah, semua persiapan teknis dari soal, pengadaan bahan UN, dan semua yang dibutuhkan dalam pelaksnaan UN sesuai dengan yang dijadwalkan." 

Ia menambahkan, pemenang lelang percetakan lembar soal dan jawaban UN sudah diumumkan dan dapat dilihat melalui laman Kemendikbud. Selain itu, persiapan soal-soal pun telah rampungdan panitia pelaksanaan UN 2015 pun telah dibentuk. 

Sementara itu, terkiat dengan pengiriman soal, ia berkata kepada Republika, Senin (2/2), "pengiriman soal biasanya serentak dari pusat. Namun, diutamakan daerah yang memiliki kategori jauh dan terpencil. Tercatat, sebagaian besar provinsi di Indonesia memiliki daerah dengan kategori tersebut." 

Mengingat, lanjut ia, masing-masing wilayah punya tantangan tersendiri. Sehingga, pengiriman disesuaikan dengan kondisi medanya. Meskipun begitu, dipastikan soal tiba di daerah atau tempat penyimpanan akhir tidak terlalu awal dan tidak terlambat. 

"Kemungkinanm hanya beda-beda waktunya yang disesuaikan dengan kondisi lapangan. Sehingga, tetap tepat waktu, tepat mutu, tepat jumlah dan tepat sasaran," tegasnya. 

Diagendakan, pengiriman bahan UN SMA dilaksanakan pada 29 Maret-11 April.  

Pengumuman hasil UN SMA akan ditetapkan pada 18 Mei. Sedangkan, pelaksanaan UN SMP pada 4-6 Mei dan pengumuman hasil UN SMP ditetapkan pada 10 Juni. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement