Jumat 30 Jan 2015 16:31 WIB

Hindari Olahraga, Cara Tidur Malam yang Baik

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Winda Destiana Putri
Tidur Malam (Ilustrasi)
Foto: Foxnews
Tidur Malam (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak cara bisa kita lakukan untuk meningkatkan kualitas tidur kita. Pakar tidur asal Australia, Carmel Harrington menyebutkan 10 praktik tidur malam yang baik, dilansir dari Body and Soul, Jumat (30/1).

Hindari olahraga tiga jam sebelum tidur

Olahraga memang memberi banyak manfaat, namun juga berpotensi mengganggu jam tidur. Olahraga akan meningkatkan suhu tubuh kita, detak jantung, tingkat metabolisme, dan semuanya meningkatkan kewaspadaan.

Makan malam 2-3 jam sebelum tidur

Setelah makan, sistem pencernaan kita bekerja untuk memecah makanan, meningkatkan tingkat metabolisme, dan subuh tubuh kita. Jika Anda lakukan itu beberapa saat sebelum makan, maka itu akan membuat Anda sulit tertidur.

Gunakan kamar tidur untuk tidur dan seks

Kamar tidur bukanlah tempat untuk menonton TV, bekerja, atau bermain komputer. Semua barang-barang itu hanya meningkatkan godaan Anda tidur larut. Kamar tidur hanya tempat untuk beristirahat dan melakukan aktivitas seksual pasangan suami istri.

Suhu kamar sejuk, gelap, tenang, dan nyaman

Lingkungan tidur yang sehat sangat penting dalam mempertahankan kualitas tidur. Jagalah selalu agar kamar tidur Anda tetap sejuk, gelap, tenang, dan nyaman.

Relaksasi singkat

Setengah jam sebelum tidur, cobalah untuk mandi air panas atau melakukan relaksasi ringan. Ini akan meningkatkan kepulasan tidur Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement