Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

Wednesday, 4 Syawwal 1441 / 27 May 2020

MUI Minta Sekolah yang Ajarkan Aliran Isa Bugis Dibubarkan

Jumat 23 Jan 2015 17:48 WIB

Rep: c94/ Red: Karta Raharja Ucu

Aliran sesat (ilustrasi)

Aliran sesat (ilustrasi)

Foto: Republika/Mardiah

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Bogor meminta Dinas Pendidikan harus melarang SMP Proklamasi yang mengajarkan aliran Isa Bugis.

Menurut Dewan Penasehan MUI Kabupaten Bogor, KH Khoirul Yunus memberikan beberapa saran kepada pemerintah terkait aliran Isa Bugis.

Pertama, pemerintah harus mengesahkan untuk menutup dan membubarkan SMP Proklamasi. Sebab jika tidak dibubarkan maka akan banyak anak muda harapan bangsa serta orang tua yang mengingkari sunnah, akibat terkontaminasi akidah aliran Isa Bugis.

"Apa ingin dibubarkan dengan sendirinya seperti di Sukabumi dan Caringin Bogor," katanya saat dihubungi ROL, Jumat (23/1).

Kedua, MUI Kota Bekasi agar bekerja sama dengan Departemen Agama dan Dinas Pendidikan Kota Bekasi agar mengusut tuntas perizinan operasional SMP Proklamasi dicabut. "Bila sudah memiliki izin harus ditutup. Selain itu institusi serupa di Kabupaten Bogor melakukan hal yang sama," katanya.

Sekertaris Komisi Fatwa MUI Kabupaten Bogor, Ujang Ruhiat menambahkan, peran MUI dalam kasus ini hanya sebagai institusi yang mengkaji kejelasan terkait ajaran Isa Bugis di SMP Proklamasi. Namun ia berharap pemerintah tidak mengabaikan persoalan ini dan dapat menindaknya lebih lanjut.

"Usai melakukan tabayun (klarifikasi) dengan kepala sekolah dan guru serta melakukan pencegahan dengan menghimbau kemasyarakat. Selebihnya kami serahkan urusan penutupan dan pembubaran kepada pemerintah. Sebab itu bukan kewenangan MUI," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA