Minggu, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Minggu, 16 Muharram 1441 / 15 September 2019

Di Negara Ini Transaksi Perbankan Bisa Via Twitter Lho

Kamis 22 Jan 2015 09:10 WIB

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Esthi Maharani

Ilustrasi-Logo Twitter

Ilustrasi-Logo Twitter

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Bank ICICI di India memungkinkan nasabahnya untuk bertransaksi phone banking dengan menggunakan username dan pesan langsung melalui akun Twitter. Layanan baru ini disebut icicibankpay.

Pelanggan bisa melakukan transfer uang menggunakan jejaring sosial populer tersebut. Tahap pertama, nasabah harus menjadi pengikut (follower) dari akun Twitter resmi bank. Kedua, mereka bisa mengirimkan pesan langsung atas nama pengguna, penerima, dan mencantumkan jumlah yang akan ditransfer. Uniknya, penerima tidak harus menjadi nasabah Bank ICICI.

ICICI adalah satu dari empat bank terbesar di India dan merupakan bank terbesar kedua dalam hal aset di Negeri Bollywood itu. ICICI adalah bank kedua di dunia yang menjalankan transaksi perbankan lewat Twitter, setelah bank terbesar kedua Prancis, BPCE Group memperkenalkan layanan serupa tahun lalu.

Banyak pengguna internet memiliki ponsel atau smartphone sebagai perangkat komputasi mereka di India. Sekitar 185 juta dari total 213 juta pengguna internet di India mengakses layanan melalui koneksi internet mobile tahun lalu. India memiliki populasi 1,2 miliar dimana sekitar 10 persen atau 120 juta penduduk memiliki smartphone pada 2014.

"Kecepatan pertumbuhan smartphone diperkirakan terus berlanjut di India. Kita melihat bahwa umumnya mereka menggunakan perangkat murah menggunakan sistem operasi Android, Windows dan ini ini mencetak keuntungan memadai didasarkan pada bauran produk entry level di smartphone," kata Kiran Kumar dari IDC India, dilansir dari the Guardian, Rabu (22/1).

Direktur Eksekutif ICICI Bank, Rajiv Sabharwal mengatakan ini adalah strategi perusahaan menjadikan media sosial sebagai kunci menarik lebih banyak nasabah. Twitter akan mendorong lebih banyak pelanggan e-commerce.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA