Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

5 Persamaan Lionel Messi dengan Lionel Messi-nya Madrid

Rabu 21 Jan 2015 13:01 WIB

Rep: CR03/ Red: Didi Purwadi

Martin Odegaard

Martin Odegaard

Foto: EPA/Vegrad Wivestad

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mungkin kedatangan bintang muda asal Norwegia ke Real Madrid, Martin Odegaard, akan menambah ketat persaingan Los Blancos dengan Barcelona. Pasalnya, pemain berusia 16 tahun ini digadang-gadang memiliki 'sihir' seperti Lionel Messi.

Beberapa orang menyebut Odegaard memiliki kekuatan yang sama seperti La Pulga-- julukan Lionel Messi. Penyamaan Odegaard dengan Lionel Messi rasanya tidak berlebihan. Mengingat penggunaan kaki kiri kedua striker tersebut dinilai mirip. Begitu juga dengan fisik keduanya dengan tinggi 1,7 meter.

Berikut beberapa 5 persamaan yang dimiliki Odegaard dengan Lionel Messi :
1. Ketenangan Dribble dan Mencetak gol
Tidak ada yang bisa diharapkan dari pemain bertinggi badan 169 cm ketika harus beradu badan dengan pemain-pemain Eropa yang umumnya tinggi besar. Sedangkan, Odegaard memiliki tinggi badan 170 cm dan piawai mengolah bola di depan hadangan lawan.

Di sisi lain, ketenangan dalam setiap pertandingan serta kemampuan dribble untuk melewati lawan, Odegaard tak jauh berbeda dengan Messi.

2. Kekuatan Kaki Kiri
Memiliki spekulasi tendangan yang akurat dengan kaki kiri, Odegaard dinilai menyerupai pemain terdahulunya, Lionel Messi. Bukan hanya itu, dirinya juga dapat mengeksekusi bola-bola mati.

Kehebatan kaki kirinya itu bahkan mendapat pujian dari pemenang Ballon d'Or 2014, Crsitiano Ronaldo. "Dia (Odegaard) memiliki masa depan yang bagus. Anak muda yang masih tumbuh di usianya ke-16," ungkap CR7 kepada Dailymail.

"Dia memiliki masa depan yang baik. Saya melihat kekuatan kaki kiri yang dia miliki sangat bagus dan bisa menjadi salah satu pemain terbaik dunia nantinya," ujar Ronaldo.

3. Lebih Mementingkan Kerjasama Tim
Menjadi pemain untuk klub yang lebih mementingkan kerjasama daripada permainan individu tentunya akan kesulitan untuk mencetak banyak gol. Namun, lagi-lagi, hal itu tidak berlaku bagi Messi ketika memperkuat Barcelona.

Hal berbeda kemungkinan akan dihadapi Odegaard yang akan bermain bersama Real Madrid dimana klub berjuluk Los Merengues itu lebih mementingkan penampilan aksi individu pemainnya. Tapi, seperti Lionel Messi, Odegaard adalah tipe pemain yang lebih memetingkan kerjasama tim.

Hal yang dilakukan Odegaard bersama klub Stomsgodset. Kerjasama dengan rekan satu timnya membuat permainan tim menjadi menawan.

4. Masuk Timnas Utama di bawah usia 20 tahun
Lionel Messi tercatat masuk timnas utama Argentina pada usia 17 tahun. Hal ini serupa dengan Martin Odegaard di timnas Norwegia.

Menit ke-64 laga melawan Bulgaria di Stadion Ullevaal, Oslo, 14 Oktober 2014, menjadi masa spesial bagi Martin Odegaard. Detik pertama menginjakkan kaki ke lapangan, Odegaard resmi memecahkan rekor sebagai pemain termuda yang tampil di kualifikasi Piala Eropa.

5.Terlahir untuk Jadi Bintang
Pepatah populer mengatakan pahlawan itu tercipta dari proses, bukan sejak lahir. Namun, hal itu tidak berlaku bagi seorang Lionel Messi dan juga Martin Odegaard.

Tidak seperti Cristiano Ronaldo yang ditempa menjadi pemain hebat dengan bimbingan Alex Ferguson, Lionel Messi sudah menjadi pusat perhatian ketika menginjakkan kakinya di Nou Camp. Sedangkan, Odegaard tampil mengejutkan kala membela timnas Norwegia di ajang kualifikasi Eropa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA