Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Sunday, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 January 2020

Boko Haram Ancam Lakukan Serangan Masif

Rabu 21 Jan 2015 08:30 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Winda Destiana Putri

Boko Haram

Boko Haram

Foto: Times Live

REPUBLIKA.CO.ID, KANO -- Pemimpin Boko Haram Abu Bakar Shekau memberikan pernyataan dalam video akan melakukan serangan secara masif di Timur Laut Nigeria dekat kota Baga, Niger, Chad dan Kamerun.

Dilansir dari AFP Rabu (21/1) video ini muncul secara online Selasa malam (20/1). Pesan ini muncul saat Nigeria dan negara tetangga bertemu di Niger, Niamey.

Mereka membahas respon kawasan Nigeria terhadap ancaman Boko Haram dan pasukan Chad yang akan dikirim ke Kamerun untuk mengusir Boko Haram.

Namun Shekau tak gentar dengan ancaman tersebut. Karena mereka memiliki gudang senjata yang dicuri dari pangkalan militer. Bentrokan hebat terjadi antara Boko Haram dan tentara Kamerun di perbatasan utara desa Bonderi. Ratusan orang tewas dalam serangan di Baga, kota nelayan di tepi Danau Chad.

Ini merupakan pemberontakan yang terburuk selama enam tahun. Mereka membakar kota dan menghancurkan 16 pemukiman serta memaksa ribuan orang mengungsi ke Chad dan Niger.

Presiden Ghana John Dramani Mahama menyarankan adanya kekuatan perng baru dibawah Uni Afrika untuk menghancurkan militan tersebut. Boko Haram tak hanya mengancam Nigeria tetapi negara-negara dekat dengan Nigeria.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA