Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Monday, 24 Rabiul Akhir 1443 / 29 November 2021

Bocah Delapan Tahun di Sukabumi Kecanduan Merokok

Selasa 20 Jan 2015 16:38 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

asbak rokok

asbak rokok

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Fenomena memprihatinkan dialami seorang anak di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya, anak yang bernama Jujun Junaedi (8 tahun) ini sudah kecanduan merokok sejak beberapa tahun yang lalu.

Jujun merupakan anak dari pasangan Sukandi dan Nursari warga Kampung Cikarangge, Parakantelu, RT 01 RW 10 Desa/Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi. Informasi yang diperoleh menyebutkan, Jujun mampu menghabiskan dua bungkus rokok dalam sehari.

‘’ Jika tak diberi rokok, Jujun kabur dari rumah,’’ ujar ibu kandung Jujun, Nursari kepada wartawan Selasa (20/1). Ironisnya, kebiasaan ini sudah berlangsung sekitar dua tahun.

Menurut Nursari, kebiasaan Jujun merokok ini sudah diketahui oleh para guru di sekolah maupun tetangganya. Bahkan, Jujun melakukan aktivitas merokok dengan orang yang usianya jauh lebih dewasa.

Nursari mengatakan, keluarga sudah berupaya menghentikan aktivitas merokok anaknya tersebut. Namun, upayanya tersebut belum membuahkan hasil.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sukabumi Didi Supardi kepada wartawan mengatakan, pihaknya baru mendengar adanya informasi tersebut. ‘’ Kita akan segera terjunkan petugas puskesmas agar menindaklanjuti temuan tersebut,’’ terang dia.

Sebelumnya, kasus bocah perokok juga terjadi di Kabupaten Sukabumi pada 2012 lalu. Tepatnya dialami Ilham Hadi warga Kampung Karawang Girang RT 02 RW 06, Desa Karawang, Kecamatan/Kabupaten Sukabumi. Pada saat itu Ilham masih berusia delapan tahun.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA