Selasa 20 Jan 2015 16:01 WIB

Benarkah Minuman Bersoda Picu Penyakit Ginjal?

Soda
Foto: Youtube
Soda

REPUBLIKA.CO.ID, Belakangan muncul kabar yang mengatakan minuman berkabonasi atau minuman dengan soda erat kaitannya dengan meningkatkan penyakit ginjal kronis.

Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) mencoba memaparkan kabar tersebut dengan lebih jelas. Kesimpulan kalau minuman bersoda mengakibatkan penyakit ginjal dinilai tidak didukung dengan bukti ilmiah yang mendalam dan teruji secara klinis.

Dalam siaran pers yang diterima ROL, Selasa (20/1), Triyono Prijosoesilo, ketua Asrim, mengatakan hasil kajian dari US National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Desease menyatakan penyakit ginjal disebabkan berbagai faktor risiko. Yakni, diabetes, tekanan darah tinggi, dan sejarah medis keluarga yang mengidap gagal ginjal.

Hal tersebut dibenarkan oleh Dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, seorang pakar penyakit dalam. “Kerusakan ginjal diakibatkan oleh berbagai faktor, faktor sederhana seperti kurang minum, sering menahan buang air kecil, hingga konsumsi obat pun bisa menjadi pemicu kerusakan ginjal. Kerusakan ginjal merupakan kondisi kompleks yang tidak disebabkan oleh faktor tunggal. Saya merasa publik perlu informasi yang lebih komprehensif mengenai hal ini.”

Saat dikaitkan dengan minuman berkarbonasi, Ari Syam pun menyatakan tidak ada korelasi langsung antara minuman bersoda dengan gangguan ginjal. Karbondioksida atau (CO2) yang terdapat dalam minuman soda tidak terserap ke dalam darah, sedangkan pemanisnya akan diubah oleh tubuh menjadi kalori atau sumber energi.

“Meminum minuman bersoda tidak serta merta merusak fungsi ginjal, konsumsi obat-obatan seperti obat sakit kepala yang berkepanjangan justru lebih meningkatkan resiko kerusakan ginjal, apalagi jika tidak didukung oleh gaya hidup yang sehat dan seimbang,” jelasnya.

Masyarakat pun diminta bijaksana dalam menentukan pilihan asupan makanan dan minuman. Serta mulai membiasakan gaya hidup aktif.

Untuk menghindari penyakit ginjal, seseorang diminta menjaga asupan cairan. Minum air putih sangat direkomendasikan sebagai solusi penting dan sederhana untuk menghindari terbentuknya batu ginjal.

Orang yang memiliki gangguan ginjal atau memiliki kecenderungan mengidap batu ginjal diimbau untuk berkonsultasi dengan dokter. Tujuannya untuk memastikan asupan makanan dan minuman yang baik dan sesuai dengan kebutuhan masing-masing individu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement