Selasa 20 Jan 2015 08:14 WIB

Trik Tingkatkan Kualitas Sperma

Sel sperma/ilustrasi
Foto: emirates247.com
Sel sperma/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Kehamilan bukan hanya urusan perempuan. Pria juga memegang peranan penting. Tanpa kualitas sperma yang baik kaum ibu tidak akan hamil. Mintalah pasangan Anda meningkatkan kualitas spermanya dengan cara di bawah ini, seperti dikutip dari www.parentsindonesia.com.

Cek berat badan

Terlalu kurus atau kegemukan memiliki efek negatif pada kualitas sperma laki-laki, dan dapat membunuh kehidupan seks karena masalah berat badan dapat memengaruhi libido . Minta pasangan Anda mengonsumsi lebih banyak buah-buahan, sayuran, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan susu. Dan mintalah dia berolahraga minimal seminggu dua kali untuk menjaga berat badannya.

Perbanyak asam folat

Asam folat tidak hanya penting hanya untuk perempuan yang ingin hamil. Pria yang memiliki kadar asam folat yang tinggi dalam spermanya akan lebih mudah membuahi sel telur. Cobalah mengonsumsi pil asam folat atau menyantap makanan yang tinggi folat, seperti kacang, sayuran berdaun hijau, biji-bijian, buah jeruk, dan sereal yang diperkaya folat. Pria disarankan mengonsumsi 400 miligram asam folat setiap hari.

Stop rokok dan alkohol

Merokok dapat menyebabkan jumlah sperma rendah dan bergerak lambat. Berhenti merokok sesegera mungkin atau setidaknya tiga bulan sebelum Anda mencoba untuk hamil. Setali tiga uang dengan rokok, alkohol bisa menekan jumlah sperma dan menyebabkan sperma tidak normal.

Kurangi kafein

Sebuah penelitian terhadap pria Denmark menemukan fakta bahwa jumlah dan konsentrasi sperma sedikit berkurang pada pria yang sering mengonsumsi soda atau kafein. laki-laki disarankan membatasi konsumsi kafein mereka. Cukuplah mengonsumsi kafein 300 miligram per hari (sekitar tiga cangkir kopi).

Hindari zat kimia berbahaya

Jika pasangan Anda bekerja di sekitar banyak bahan kimia dia perlu menghindarinya. Bahan kimia beracun seperti logam berat, timbal, dan pelarut kimia dapat menyebabkan sperma rusak. Jika tak bisa dihindari cobalah membatasi kontak dengan bahan kimia menggunakan masker wajah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement