Jumat 16 Jan 2015 06:58 WIB

Manfaat Aktivitas Fisik untuk Anak (1)

Rep: Desy Susilawati/ Red: Mansyur Faqih
  Anak-anak berolah raga di luar ruang (outdoor gym) di Taman Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (15/6). (Republika/Yasin Habibi)
Anak-anak berolah raga di luar ruang (outdoor gym) di Taman Tebet, Jakarta Selatan, Ahad (15/6). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog anak, Nadya Pramudita, mengatakan, aktivitas fisik memiliki manfaat fisik dan psikologis terhadap anak. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak yuk bahasan dari Nadya berikut ini yang disampaikan kepada ROL, Jumat (16/1).

Manfaat aktivitas fisik untuk fisik anak antara lain, bisa menjaga berat badan. Kemudian, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan risiko diabet dan beberapa jenis kanker.

Sementara manfaat aktivitas fisik secara psikologis untuk anak adalah bisa membantu mengontrol kecemasan dan depresi. Selain itu bisa pula untuk perkembangan (interaksi) sosial, ekspresi diri, tingkat percaya diri. 

Manfaat lainnya, anak juga bisa berperilaku sehat seperti tidak merokok dan tidak mengonsumsi alkohol serta obat-obatan. Tak hanya itu, aktivitas fisik juga baik untuk akademis lebih baik.

Bahkan, menurut American Academy of Pediatrics (2006), anak butuh main untuk perkembangan yang sehat. Melalui bermain, anak mengeksplorasi lingkungan, bernegosiasi, berbagi, dan berimajinasi.

Anak juga bisa meningkatkan kesehatan fisik, kesehatan mental serta kesuksesan akademis. Anak dapat belajar lebih baik jika ada selingan bermain. Bukan hanya itu, dengan bermain anak juga bisa membangun relasi lebih kuat dengan pengasuh (orang tua atau guru).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement