Kamis 15 Jan 2015 08:15 WIB

Al Attiyah Kian Dekati Juara Reli Dakar, Barreda Menang di Etape Tiga

Red: M Akbar
Nasser Al-Attiyah
Foto: circuitprodigital.com
Nasser Al-Attiyah

REPUBLIKA.CO.ID, SALTA -- Nasser Al Attiyah asal Qatar memenangi tahapan keempatnya di Reli Dakar di Argentina pada Kamis (15/1) WIB. Kemenangan kesembilan dalam sepuluh hari untuk Mini ketika ia mendekat ke gelar keduanya.

Sementara itu pada kategori sepeda motor, Joan Barreda asal Spanyol membawa Hondanya menuju kemenangan di tahapan ketiga, di mana juara bertahan Marc Coma memperpanjang keunggulannya secara keseluruhan menjadi mendekati delapan menit dengan tiga hari yang masih akan dilalui.

Setelah melintasi Andes dari Calama menuju Chile, tahapan sepanjang 859 kilometer, Al Attiyah memperbesar keunggulannya secara keseluruhan menjadi lebih dari 28 menit atas Giniel de Villiers asal Afrika Selatan, yang mengendarai Toyota, juara 2009.

Pereli Spanyol Nani Roma, juara bertahan dan pemenang tahapan kesembilan pada Selasa, nyaris tidak dapat meneruskan kiprahnya setelah mobil Mininya mengalami kerusakan pada titik 193 kilometer.

Peluang Barreda untuk meraih kemenangan secara keseluruhan pada kategori sepeda motor hancur berantakan ketika ia kalah lebih dari empat jam karena masalah-masalah mekanik pada tahapan di Iquique, Chile, pada Senin.

Namun ia memiliki keberuntungan yang lebih baik saat melaju di Salta dan melintasi garis finis dengan keunggulan lebih dari 90 detik atas pereli KTM Coma, dan nyaris dua menit di depan Ruben Faria asal Portugal.

Juara empat kali Coma menambahi nyaris dua menit terhadap keunggulannya atas rival terdekatnya di klasemen keseluruhan, pereli Honda Paulo Goncalves, yang hanya mampu finis di peringkat kelima di tahapan itu.

Seandainya Coma dimahkotai gelar juara pada akhir balap pada Sabtu di Buenos Aires, itu akan menjadi kesuksesan ke-14 kali secara beruntun bagi konstruktor asal Austria, KTM.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement