Rabu 14 Jan 2015 18:08 WIB

Teh Kulit Buah Naga Untuk Imun Penderita HIV/AIDS

Rep: Yulianingsih/ Red: Esthi Maharani
Buah naga
Foto: Wikipedia
Buah naga

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Tiga Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) melakukan penelitian terhadap kulit buah naga merah. Ketiga mahasiswa ini menemukan jika kulit buah naga merah bisa menghasilkan zat imun untuk penderita HIV/AIDS.

Ketiga mahasiswa  yang melakukan penelitian ini adalah  Annisa Fitriani, Yunita Dwi Setyawati, dan Intan Hanifah.

"Kita awalnya membaca banyak jurnal tentang HIV/AIDS dan pengobatan herbal. Akhirnya kita tertarik untuk meneliti kulit buah naga untuk mendukung pengobatan penyakit tersebut," ujar Anisa, salah satu anggota tim tersebut di kampus UMY, Rabu (14/1).

Menurutnya, kulit buah naga merah sebenarnya  jauh lebih bermanfaat dari pada daging buah itu sendiri. Pasalnya, kandungan positif yang ada pada kulit buah naga merah lebih banyak dibandingkan daging buahnya. Kulit buah naga merah ini kata dia, mengandung efek anti oksidan, anti bakteri, anti virus, dan anti mikroba yang cukup tinggi.

"Sementara penderitaa HIV/AIDS membutuhkan zat-zat itu untuk meningkatkan sistem imunnya," ujarnya.

Namun kata dia, kulit buah naga merah tersebut sulit untuk dikonsumsi langsung dengan bentuk aslinya. Karenanya ketiganya memilih mengolah kulit buah naga tersebut menjadi the agar bisa dikonsumsi sarinya oleh penderita HIV/AIDS.

"Masyarakat Indonesia sangat gemar minum teh. Sehingga kalau kulit buah naga merah kita keringkan dan dibuat teh akan banyak yang suka," ujarnya.

Menurutnya, jika teh kulit buah naga merah ini dikonsumsi secara teratur akan bisa menjadikan terapi peningkatan sistem imun pada para penderita HIV/AIDS.

"Kita tahu jika kekebalan penderita HIV/AIDS ini terserang sehingga sistem imunnya semakin lemah. Dengan terapi teratur teh kulit buah naga merah maka sistem imun bisa ditingkatkan," katanya.

Diakuinya, selama ini pengobatan penderita HIV/AIDS menggunakan obat antiretrofiral atau ARv. Penggunaan teh kulit buah naga ini bisa dijadikan pelengkap pengobatan tersebut. Karena teh kulit buah naga ini bisa  menghambat aktivitas bakteri, virus, dan kuman yang ada dalam tubuh penderita HIV/AIDS.

Meski begitu, pihaknya masih mmebutuhkan penelitian lebih jauh terkait hal itu. Ini juga terkait scientifikasi teh itu sendiri ke depannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement