Wednesday, 17 Syawwal 1443 / 18 May 2022

Jabar Siapkan Data Destinasi Pariwisata

Rabu 14 Jan 2015 16:30 WIB

Rep: mj02/ Red: Agus Yulianto

  Suasana kawasan wisata Air Terjun Cibeureum di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Bogor, Sabtu (20/9). (Republika/Raisan Al Farisi)

Suasana kawasan wisata Air Terjun Cibeureum di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, Bogor, Sabtu (20/9). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jabar, tahun ini, menyiapkan data dokumentasi obyek wisata se-Jawa Barat. Pasalnya, selama ini, kabupaten/ kota dinilai tidak serius memperbaharui data destinasi pariwisata di daerahnya.

“Pada 2015 ini, kami akan melengkapi dan memperbaharui data-data dan foto-foto dokumentasi obyek wisata se-Jabar,” kata Kepala Disparbud Jabar, Nunung Sobari, Rabu (14/1).

Pemprov menginisiasi pengumpulan data ini, karena selama ini tidak ada daerah yang bergerak. Karena itu, pihaknya membikin database tentang obyek wisata yang ada di Jabar.

“Sekarang diminta event-nya apa saja nggak ada. Juga, data-data destinasi foto nggak ada. Terus, apa yang selama ini dipromosikan? Sudahlah kita ambil alih daripada nggak jalan-jalan,” ujar Wagub Jabar Deddy Mizwar.

Deddy mengatakan, perlunya membuat database destinasi wisata ini agar tersentralisasi di provinsi. Selama ini, ujar dia, tidak semua kabupaten/kota memiliki data ini. Namun, pihaknya mempersilakan kabupaten/kota apabila ingin membuat web wisata sendiri.

Dikatakan wagub, data dokumentasi ini nantinya akan berbentuk foto dan ditampilkan dalam web. Tujuannya, agar orang dari negara manapun bisa melihat. “Yang terpenting foto. Kalau video itu besar kapasitasnya dan belum tentu semua orang bisa melihat. Sementara foto semua orang bisa membukanya,” ujar dia usai rapat evaluasi dengan Disparbud Jabar, Rabu (14/11).

Tahun ini pemerintah perlu data foto-foto destinasi unggulan yang ada di setiap kabupaten/ kota di Jabar. Bahkan, bila perlu pemerintah akan menambah anggaran.

Deddy mengatakan, cara untuk memperoleh dokumentasi wisata pun bisa dengan mengadakan lomba-lomba fotografi, lomba membuat, slogan dan akan dilaksanakan secara bertahap. Untuk pilihan destinasinya, bisa wilayah Jabar secara keseluruhan.

Selain melengkapi data pariwisata Jabar, dalam rapat evaluasi kedua antara wagub Jabar dan Disparbud itu, juga dibahas mengenai pembuatan kalender acara kebudayaan. Pembahasan ini sebagai tindak lanjut dari rapat yang diadakan beberapa waktu lalu. Rencananya tahun ini Jabar akan mengadakan tiga acara kebudayaan yang bertaraf internasional dan akan dilaksanakan di Bandung, Bogor, dan Cirebon.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA