Senin 12 Jan 2015 18:21 WIB

GKR HEMAS: Tim SAR Gabungan Layak Dapat Penghargaan

Rep: Niken Paramita Wulandari/ Red: Bayu Hermawan
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD), GKR Hemas memberikan apresiasi terhadap tim SAR gabungan yang bekerja dengan baik dan cepat, dalam menemukan korban kecelakaan pesawat Air Asia dan black box pesawat itu.

GKR Hemas berharap tim SAR gabungan tetap berusaha maksimal dalam pencarian jenazah, sehingga semua korban kecelakaan pesawat bisa dievakuasi.

"Keberhasilan evakuasi menyeluruh merupakan prioritas karena tak ada yang lebih penting bagi keluarga yang ditinggalkan selain mengetahui anggotanya telah ditemukan dan kemudian diperlakukan dengan layak," ujarnya, Senin (12/1).

Atas upaya ini GKR mendorong pemerintah untuk memberikan penghargaan dan insentif khusus kepada semua yang terlibat dalam Operasi SAR Air Asia, termasuk para nelayan dan masyakarat Kumai serta Pangkalan Bun.

Penghargaan ini penting untuk menunjukkan pemerintah punya perhatian dan apresiasi tinggi terhadap usaha dan keberhasilan yang telah dicapai operasi. Hemas menyadari tingkat kesulitan yang dihadapi tim dalam proses pencarian dan evakuasi tidaklah mudah.

Ia melanjutkan, tantangan datang bukan hanya datang dari alam, tapi juga kemampuan teknologi, sumber daya manusia dan waktu.  Namun dirinya percaya tim bisa menuntaskan operasi ini hingga semua korban dapat dievakuasi. Karena GKR menilai Tim Operasi SAR yang dipimpin Basarnas memiliki kemampuan itu.

GKR juga mendorong pemerintah meningkatkan kemampuan dan peralatan SAR dengan teknologi yang lebih canggih, menyebar ke lebih banyak lokasi, dan pemenuhan jumlah serta kualifilasi SDM yang diperlukan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement