Kamis 08 Jan 2015 23:21 WIB

Hobi Mandi Air Panas Picu Munculnya Eksim Kulit

Rep: Yulianingsih/ Red: Indira Rezkisari
gatal-gatal
Foto: 1
gatal-gatal

REPUBLIKA.CO.ID, Eksim atau biasa disebut dermatitis atopik ternyata bukan hanya diakibatkan oleh faktor genetik semata. Faktor gaya hidup juga berpengaruh kuat terhadap munculnya penyakit radang kulit ini.

Menurut dokter spesialis dermatologi RS Dr Sardjito Yogyakarta, Niken Trisnowati, gaya hidup yang mempengaruhi munculnya penyakit ini salah satunya adalah mandi air panas. "Mandi air panas itu bisa melarutkan lemak kulit sehingg pelindung kulit berkurang. Akibatnya kulit luar lebih cepat iritasi," katanya di FK UGM, Kamis (8/1).

Menurutnya, jika kulit mengalami iritasi maka bakteri akan mudah masuk. Akibatnya kulit akan cepat gatal dan jika terjadi peradangan maka akan melebar.

Selain mandi air panas, berada di ruang ber-AC juga cepat membuat kulit mengalami kekeringan dan rusak. Begitupula jika mandi terlalu sering, juga bisa cepat menghilangkan lemak dan protein kulit.

"Pemakaian karpet di ruangan juga bisa mengakibatkan munculnya eksim," katanya.

Karpet kata dia, sudah dijadikan gaya hidup tata ruang di Indonesia. Padahal karpet merupakan tempat favorit tengue (debu rumah tangga). Tengue ini jika menempel di kulit akan membuat iritasi dan kulit terasa gatal-gatal.

"Karena itu disarankan pemakaian karpet dihindari terutama untuk anak-anak. Karena debu rumah tangga lebih gatal dari debu lainnya," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement