Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Friday, 19 Rabiul Akhir 1442 / 04 December 2020

Taman Kupu Kupu Siap Sambut Wisatawan Liburan Akhir Tahun

Jumat 19 Dec 2014 16:03 WIB

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Winda Destiana Putri

Taman kupu-kupu

Taman kupu-kupu

Foto: Rajakamar

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Sambut liburan Natal dan Tahun Baru, Taman Kupu- Kupu di kawasan Kampung Kopi Banaran, Kabupaten Semarang siap menerima para wisatawan.
 
Destinasi wisata milik PTPN IX Semarang tersebut telah berbenah untuk menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung, di Jawa Tengah. Pihak pengelola Taman Kupu-Kupu, Petrus Budiman mengatakan, sejumlah spesies kupu-kupu menjadi koleksi destinasi ini siap pukau wisatawan yang datang.
 
Mulai dari spesies Attacus Atlas atau kupu-kupu Gajah hingga Graphium Sarpedon yang berukuran kecil dengan warna hitam kombinasi biru yang indah. Para pengunjung dapat melihat langsung proses kupu-kupu dari mulai ulat, kepongpong hingga tumbuh menjadi kupu-kupu.
 
"Bahkan para pengunjung juga dapat menikmati ragam kupu-kupu yang beterbangan di taman bunga," jelasnya, Jumat (19/12).
 
Ia menambahkan, Taman Kupu-kupu merupakan wahana untuk melengkapi wahana wisata edukasi di Kampung Kopi Banaran. Sebab masyarakat utamanya para pelajar dapat belajar jenis-jenis kupu-kupu dan dapat mengetahui proses jadinya kupu-kupu.
 
Saat ini sudah lebih dari 15 spesies kupu-kupu menjadi koleksi taman. Kedepan akan banyak lagi spesies kupu-kupu yang akan menjadi koleksi. Terutama spesies kupu-kupu yang ada di Kabupaten Semarang. "Karena jenis kupu-kupu di Kabupaten Semarang juga sangat beragam," katanya.
 
Sejauh ini, koleksi yang ada di taman ini didapatkan dari sebuah Yayasan Penyelamat Kupu-kupu. Diharapkan taman ini dapat menjadi wisata edukasi bagi masyarakat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA