Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

Thursday, 28 Jumadil Awwal 1441 / 23 January 2020

27 Wartawan Turki Ditahan

Selasa 16 Dec 2014 17:14 WIB

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Julkifli Marbun

Penahanan (ilustrasi)

Penahanan (ilustrasi)

Foto: todayonline.com

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Media Turki telah mengalami kekerasan yang dilakukan pemerintah Erdogan.

Dilansir dari Todayszaman Pimpinan dua media Zaman dan Samanyolu saat ini sedang diinterogasi. Sebanyak 27 orang wartawan kedua media pun ikut ditahan. Banyak pihak menduga penahanan mereka hanya untuk pengalihan perhatian publik dari tuduhan korupsi pada pemerintah.

Tiga orang wartawan telah dibebaskan pada Ahad (14/12) sedangkan dua lainnya dibebaskan pada Senin (15/12). Kepala Editor Zaman Ekrem Dumanli dan General Manajer Samanyolu Hidayet Karaca hingga saat ini masih dalam tahanan Kepolisian Istanbul.

Para pengacara Dumanli, Gazi Tani dan Hasan Gunaydin mengatakan tuduhan pada DUmanlitak berdasar dan apa yang dilakukan pemerintah hanya untuk mengubah persepsi publik.

"Atau lebih tepatnya tidak ada tuduhan asli," ujar Tanir saat berada di depan kantor Kepolisian Istanbul. Operasi ini dimulai tak lama setelah parlemen megesahkan undang-undang penahanan berdasarkan kecurigaan.

Di Istanbul, ratusan pengunjuk rasa berkumpul untuk berunjuk rasa. mereka meneriakkan slogan 'media tidak bisa dibungkam'.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA