Selasa 16 Dec 2014 15:31 WIB

Pria yang tak Subur Mungkin Bermasalah Pula Kesehatannya

.
Foto: pixabay
.

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah mungkin air mani menjadi penentu kesehatan pria secara keseluruhan? Studi menemukan kalau pria dengan air mani yang bermasalah akan lebih mungkin memiliki masalah kesehatan yang lebih banyak, mulai dari jantung hingga iritasi kulit.

Temuan tersebut dipublikasikan dalam jurnal Fertility and Sterility, seperti dikutip dari Today, Selasa (16/12), mengatakan pria yang memiliki masalah kesuburan harus melakukan pengecekan kesehatan lebih luas pula.

Dr Michael Eisenberg, asisten profesor urologi dan Direktur Bedah dan Pengobatan Reproduksi Pria di Universitas Stanford, mengatakan belum pasti apakah faktor lingkungan bisa mengganggu kesehatan pria secara keseluruhan dan produksi spermanya. ''Sekitar 15 persen pasangan memiliki masalah fertilitas dan separuh dari kasus itu karena pria memiliki kekurangan air mani,'' ujar Eisenberg.

Ia mengatakan, perlu ada perhatian lebih dalam kasus ketidaksehatan sperma. Sebab ketidaksuburan pria adalah peringatan, bahwa masalah dengan reproduksi bisa berarti munculnya masalah kesehatan secara keseluruhan.

Faktor kesehatan umumnya makin parah ketika pria bertambah usia. Ia namun mulai menemukan masalah pada pria muda di usia 30 tahun.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement