Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Tuesday, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 January 2020

Duh, Jakarta Masih Kekurangan Tempat Pembuangan Sampah

Senin 15 Dec 2014 16:06 WIB

Red: Bilal Ramadhan

Kondisi sejumlah tempat sampah di kawasan wisata kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (14/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

Kondisi sejumlah tempat sampah di kawasan wisata kota Tua, Jakarta Barat, Kamis (14/8). (Republika/Rakhmawaty La'lang)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- DKI Jakarta masih kekurangan tempat pembuangan sampah (TPS) untuk menampung timbunan sampah sementara sebelum dibawa ke tempat pembuangan akhir (TPA), kata Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Saptastri Ediningtyas.

"Sekarang ini kita masih kekurangan TPS di Jakarta, itu masih jadi persoalan," kata Kepala Dinas Kebersihan yang akrab disapa Tyas di Jakarta, Senin.

Menurut Tyas, kurangnya TPS di Jakarta disebabkan oleh sedikitnya lahan, khususnya di wilayah pemukiman warga, untuk dijadikan tempat pembuangan sementara. Ia mengatakan, sedikitnya TPS berbanding terbalik dengan jumlah timbulan sampah warga yang semakin meningkat.

Beberapa TPS yang ada di Jakarta, lanjut Tyas, berlokasi di tempat-tempat yang berjauhan. Hal ini menyebabkan warga kesulitan dalam membuang sampah. Untuk itu Tyas mengimbau pada warga yang memiliki lahan lebih untuk dijual pada pemerintah provinsi untuk dialihfungsikan menjadi TPS.

"Karena itu apabila ada yang punya lahan lebih, bisa bekerja sama dengan kami, akan kami bebaskan dan buat jadi TPS," katanya.

Menurut Tyas, sampai saat ini jumlah tempat pembuangan sampah di Jakarta masih lebih sedikit dengan jumlah timbulan sampah yang ada di Jakarta. Masyarakat Ibu Kota dan wilayah sekitar seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi yang membuang sampah di sungai, kata Tyas, juga masih menjadi persoalan sampah di Jakarta.

"Karena mereka yang membuang sampah di hulu (sungai) mengalirnya, berakhirnya ke Jakarta yang menjadi hilir," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA