Rabu 10 Dec 2014 09:09 WIB

Mendikbud Catat 2.652 Warisan Budaya tak Benda

Rep: niken paramita/ Red: Taufik Rachman
Reog Ponorogo di AS
Foto: VOA
Reog Ponorogo di AS

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Indonesia menyimpan ragam kekayaan budaya. Kekayaan ini lahir dari penduduknya yang bersuku-suku dan tersebar diberbagai pulau. Paling tidak Direktorat Internalisasi Nilai dan Diplomasi Budaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mencatat ada sebanyak 2.652 budaya tak benda di Indonesia.

Warisan budaya tak benda merupakan tradisi, seni pertunjukan, ekpresi lisan seperti bahasa, praktik, ekspresi, pengetahuan, keterampilan, serta alat-alat, benda alamiah, dan artefak. Serta ruang budaya yang terkait dan diakui oleh berbagai komunitas, kelompok, dan dalam hal tertentu oleh perseorangan sebagai warisan budaya mereka.

Beberapa wujud warisan budaya tak benda tersebut diantaranya adalah Tari Saman dari Nangroe Aceh Darussalam, Angklung dari Jawa Barat, Kerak Telor dari Jakarta, Reog Ponorogo dari Jawa Timur, Upacara Adat Ngaben dari Bali, Sasandu dari Nusa Tenggara Timur, Tenun Ikat Dayak dari Kalimantan, Upacara Kematian Sangihe dari Sulawesi, Pakaian Adat Abdi Dalem dari Ternate, Ukiran Asmad dari Papua, dan sebagainya.

Bukti perkembangan kebudayaan masyarakat Indonesia dapat dilihat dari warisan budaya tak benda yang ada di Indonesia. Karena itu penting bagi masyarakat Indonesia untuk terus melestarikannya. Mengetahui, menyadari dan mengenali adalah cara yang bisa dilakukan sehingga terbangun rasa memiliki dan menghargai warisan budaya tak benda tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement