Senin 08 Dec 2014 18:27 WIB

Pemanggilan Atlet Pelatnas PBSI Mulai 4 Januari

PBSI. Ilustrasi
PBSI. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  --  Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) akan memanggil sejumlah atlet untuk mengikuti Pemusatan Latihan Nasional (Pelatnas) PBSI di Cipayung, Jakarta, mulai 4 Januari 2015.

"Pemanggilan pelatnas pada 4 Januari dan kita akan mulai dengan tes fisik, tes kesehatan, dan tes lainnya," kata Kepala Subbidang Pelatnas PBSI Ricky Soebagdja dalam jumpa pers di Pelatnas PBSI di Cipayung, Jakarta, Senin (8/12).

Ricky mengatakan pemanggilan atlet-atlet nasional masih menunggu hasil kejuaraan nasional PBSI pada 10-14 Desember di Cirebon dan Kejuaraan Junior Masters yang akan berlangsung 19-23 Desember di Pelatnas PBSI.

"Dua kejuaraan itu akan menjadi bagian dari penilaian atlet. Kami juga menyiapkan atlet-atlet yang akan masuk dalam Olimpiade di Rio 2016," kata Ricky.

Ricky mengatakan komposisi atlet dalam pelatnas PBSI adalah 60 persen - 70 persen adalah atlet junior dan 30 persen - 40 persen adalah atlet senior.

"Dari jumlahnya, kuota untuk atlet tunggal putra ada 12 orang, tunggal putri delapan orang, ganda putra delapan pasang atau enam belas orang, ganda putri delapan pasangan, dan ganda campuran tujuh pasang," kata Ricky.

Porsi atlet junior dalam pelatnas itu, kata Ricky, lebih besar dibanding atlet senior karena PBSI juga menyiapkan atlet-atlet nasional sejak dini menjelang Olimpiade 2020 di Tokyo.

Ricky mengatakan PBSI tidak lagi membedakan status atlet junior sebagai atlet potensi dan atlet senior sebagai atlet prestasi pada 2015.

"Pelatihannya tetap berbeda karena itu prinsip, tapi secara status tidak ada perbedaan dan atlet-atlet masih dilatih dalam satu kategori," kata Ricky.

Wakil Sekretaris Jenderal PBSI Achmad Budiharto mengatakan komposisi atlet junior lebih besar dibanding atlet senior dalam pelatnas merupakan upaya PBSI untuk mengikuti perkembangan regenerasi atlet di sejumlah negara seperti India dan Thailand.

"Pada 2015, kita juga akan menghadapi pertandingan 'multi-games' SEA Games 2015 dan Piala Sudirman," kata Budiharto tentang pertandingan yang akan diikuti atlet PBSI.

Seluruh atlet-atlet nasional PBSI telah kembali ke klub masing-masing sejak 20 November untuk mempersiapkan diri dalam kejuaraan nasional 2014 yang akan digelar 10-14 Desember di Cirebon.

Namun, tujuh atlet yang akan mewakili Indonesia dalam Superseries Final di Dubai, Uni Emirat Arab, tetap akan berlatih di Pelatnas PBSI Cipayung selepas kejuaraan nasional berakhir.

PBSI akan mengumumkan lebih lanjut tentang promosi degradasi untuk atlet-atlet yang tidak akan bergabung dalam pelatnas pada 4 Januari 2015.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement