Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Senin, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 Februari 2020

Mudahnya Menghafal Alquran (1)

Jumat 05 Des 2014 08:56 WIB

Rep: Aghia Khumaesi/ Red: Damanhuri Zuhri

Ustaz Bobby Herwibowo (bertopi) tengah memandu acara #hafizhonthestree di kawasan car free day

Ustaz Bobby Herwibowo (bertopi) tengah memandu acara #hafizhonthestree di kawasan car free day

Foto: dok.askaar kauny

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sulitkah menghafal Alquran? Banyak orang mengira seperti itu. Padahal, menghafal rangkaian firman Allah SWT yang terangkum dalam kitab suci umat Islam itu sangat mudah, bahkan semudah tersenyum.

Keyakinan itulah yang coba dikembangkan Ustaz Bobby Herwibowo. Beragam upaya telah dilakukannya untuk mengajak umat Islam menghafal Alquran. Salah satunya, melalui gerakan Hafidz on the Street yang diadakan di kawasan car free day di Jakarta, Ahad (30/11). 

Bersama teman-temannya yang tergabung dalam Kauny Quantum Memory, Bobby mengajak semua orang dan komunitas yang hadir di kawasan itu untuk mengaji dan menghafal Alquran dengan cara yang lebih asyik dan menyenangkan.

Mereka pun bisa menghafal Alquran tanpa harus mengganggu aktivitas mereka, seperti lari, bersepeda, jajan, dan lainnya. "Menghafal ayat itu lebih mudah dari yang dibayangkan, bahkan semudah tersenyum," ujar Bobby kepada Republika, Senin lalu.

Menurutnya, banyak orang Islam yang masih takut, enggan, dan kurang percaya diri menghafal Alquran. Jangankan menghafal, tak sedikit Muslim yang belum bisa membaca Alquran sesuai dengan makhrajnya.

Karena itulah, Ustaz Bobby bersama teman-temannya melakukan gerakan Hafidz on the Street ini. "Inspirasi kita awalnya dari kisah Rasulullah SAW ketika menerima wahyu pertama. Beliau kan takut dan lari keluar gua, tapi tetap bisa menghafal surah al-Alaq.''

Apalagi, kawasan car free day selalu didatangi banyak orang dari beragam usia dan profesi. Karena itu, diharapkan gerakan ini dapat dilakukan berbagai generasi orang Islam, dari orang tua hingga anak-anak.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA