Kamis 04 Dec 2014 06:40 WIB

Hidung Tersumbat Bisa Jadi Gejala Alergi

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Hidung tersumbat/ilustrasi
Foto: pixabay
Hidung tersumbat/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sering mengalami hidung tersumbat? Jangan keburu menganggapnya sepele. Hidung yang kerap mampet bisa jadi karena Anda mengidap alergi.

Dokter spesialis THT dari Rumah Sakit Gandaria, dr Rusdian Utama Roeslani, SpTHT-KL, berujar salah satu penyebab hidung tersumbat adalah rinitis. Rinitis alergi merupakan reaksi abnormal dari sistem kekebalan tubuh terhadap zat tertentu yang dianggap asing oleh tubuh.

Pemicu dari alergi disebut alergen. Saat alergen menyerang, tubuh mulai memproduksi antibodi jenis tertentu yang disebut IgE. Tujuan penyerangan ialah untuk mengikat alergen. Ikatan Ig-E dan alergen akan menyebabkan terlepasnya zat penyebab alergi yang disebut histamin.

Histamin lalu akan menimbulkan hidung meler, bersin-bersin dan hidung tersumbat. "Hidung tersumbat merupakan salah satu gejala dari rinitis alergi," ujarnya, Rabu (3/12).

Ia menambahkan rinitis alergi biasanya terjadi berulang kali dalam satu minggu atau lebih, apabila pencetusnya tidak dihindari dan tidak ditangani secara adekuat.

Beberapa jenis alergen penyebab rinitis alergi adalah alergen inhalan (terhisap melalui udara) dan alergen ingestan (makanan). Contoh alergen inhalan adalah tungau (kutu debu rumah), serbuk bunga, bulu binatang dan kecoa. Sedangkan alergen ingestan adalah cokelat, kacang, susu dan lainnya.

"Bila rinitis alergi tidak tertangani dengan baik maka akan mengganggu kualitas hidup seseorang dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari," ujarnya.

Penatalaksanaan yang adekuat sangat diperlukan untuk menangani penyakit ini. Salah satu cara praktis yang dapat dilakukan yaitu dengan obat semprot hidung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement