Senin 24 Nov 2014 21:16 WIB

Anies Baswedan Ajak Swasta Ringankan Beban Guru dengan Memberi Diskon

Rep: Dyah Ratna Meta Novia/ Red: Indah Wulandari
?  ? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, dalam rangka memperingati hari Guru Nasional 2014 dan HUT ke -69 PGRI, Jakarta, Senin (24/11).
? ? Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan, berziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, dalam rangka memperingati hari Guru Nasional 2014 dan HUT ke -69 PGRI, Jakarta, Senin (24/11).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Anies Baswedan mengajak berbagai pihak memberi perhatian pada guru dengan beragam cara.

"Setinggi-tingginya peningkatan kesejahteraan guru kalau  beban guru besar sama saja. Pemerintah bertugas mengingkatkan  penghasilan guru, tapi kalau  pengeluaran guru meningkat, ya sama saja," ujar Anies, Senin (24/11).

Anies mengajak seluruh rakyat Indonesia, terutama sektor swasta mengurangi  pengeluaran guru. Misalnua, toko buku memberi diskon ataupun pemilik bengkel memberi pelayanan yang paling awal pada guru.

"Kalau guru langganan koran, sebaiknya mendapatkan diskon. Sebab pendidikan yang diberikan guru yang membuat orang bisa menulis,"kata Anies.

Saat ini, pihak yang telah menerapkan ide memberi kemudahan pada guru, seperti Transjakarta yang akan memberikan harga khusus kepada guru. Maskapai penerbangan nasional Garuda juga memberikan diskon 25 persen untuk guru.

"Jadi tugas pemerintah meningkatkan pendapatan guru. Sedangkan sektor swasta berusaha menurunkan pengeluaran guru dengan memberikan berbagai diskon bagi guru,"kata Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement