Sabtu 22 Nov 2014 13:58 WIB

Dwikorita Rektor UGM

Rep: yulianingsih/ Red: Taufik Rachman
Prof DR Dwikorita Karnawati MSc. PhD.
Foto: ANTARA
Prof DR Dwikorita Karnawati MSc. PhD.

REPUBLIKA.CO.ID,JOGYAKARTA--Guru besar Ilmu Geologi, Dwikorita Karnawati terpilih sebagai rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, menggantikan rektor sebelumnya Pratikno yang diangkat sebagai Menteri Sekretaris Negara (Menseneg). Dwikorita terpilih dalam rapat pleno Majelis Wali Amanah (MWA) UGM, Sabtu (22/11).

Dwikorita ditetapkan sebagai rektor masa bakti 2014-2017 melalui sistem musyawarah mufakat dalam rapat pleno tersebut. "Kita tidak melakukan pemilihan atau voting, kita gunakan musyawarah dan mufakat karena kandidat lain sudah mengamanahkan jabatan rektor ke Bu Dwikorita," kata Ketua MWA UGM, Sofyan Effendi.

Dengan terpilihnya Dwikorita ini maka UGM memiliki rektor wanita untuk pertama kalinya. Dwikorita sendiri akan dilantik secara resmi pada Senin, (23/11). "Ini menjadi rektor wanita pertama selama 65 tahun ini, ini hebat juga," ujarnya.

Menurut Sofyan, proses pemilihan rektor pengganti antar waktu ini berjalan cukup mulus dan cepat. Rapat pleno MWA sendiri dihadiri 19 anggota dari 23 anggota yang ada. Rapat pleno dihadiri sekretaris Menteroi Riset dan Pendidikan Tinggi. Menurutnya, MWA melakukan seleksi terhadap lima calon rektor sebagai pengganti Pratikno sejak sepekan terakhir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement