Jumat 21 Nov 2014 23:32 WIB

Kompetensi Tingkatkan Daya Saing Bangsa

Rep: Niken Paramita/ Red: Maman Sudiaman
Uji kompetensi guru
Foto: antara
Uji kompetensi guru

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Direktur Pembinaan Kursus dan Pelatihan (Ditbinsuslat) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Muslikh menilai penguasaan kompetensi dapat meningkatkan daya saing bangsa.

"Satu hal yang perlu digarisbawahi adalah pentingnya kompetensi yang berkarakter, yaitu kompetensi yang dilengkapi sikap jujur, integritas, amanah, disiplin, dan mau bekerja keras," kata Muslikh dalam pembukaan pameran kursus dan pelatihan di Botani Square, Bogor, Jawa Barat (19/11).

Kompetensi salah satunya menurut Muslikh bisa dibangun dengan kursus dan pelatihan. Kursus dan pelatihan memberi andil dalam pembangunan kemajuan anak didik Indonesia yang berkompetensi.

Karena itu, untuk meningkatkan nilai kompetensi Muslikh menyambut positif usulan pencanangan Hari Kompetensi Nasional (HKN) yang digagas sejumlah mitra organisasi. Pencanangan HKN menurutnya akan menjadi momentum yang tepat dalam usaha mengajak seluruh lapisan masyarakat memasyarakatkan kompetensi nasional dan mengkompetenkan masyarakat.

Muslikh juga mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk ikut bersama dalam gerakan ini. Muslikh ingin penetapan HKN bukan hanya sebatas seremonial semata. Tapi mendorong gerakan dari masyarakat dan pemerintah untuk terus mengedepankan kompetensi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement