Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

Friday, 21 Muharram 1441 / 20 September 2019

BSM Targetkan Rp 85 M Dana Tabungan Haji 'Junior'

Jumat 21 Nov 2014 14:42 WIB

Rep: Dwi Murdaningsih/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Petugas menghitung uang nasabah di banking hall salah satu kantor cabang Bank Syariah Mandiri, Jakarta, Jumat (4/7).  (Republika/Adhi Wicaksono)

Petugas menghitung uang nasabah di banking hall salah satu kantor cabang Bank Syariah Mandiri, Jakarta, Jumat (4/7). (Republika/Adhi Wicaksono)

Foto: Republika/Adhi Wicaksono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Bank Syariah Mandiri (BSM) menerbitkan tabungan haji untuk anak-anak. BSM meluncurkan Tabungan Mabrur Junior, tabungan khusus untuk biaya haji dan umrah yang diperuntukkan bagi nasabah berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP. 

Agus mengatakan hingga tahun 2015, BSM menergetkan dana yang tersimpan di tabungan ini mencpaia Rp 85 miliar. Menurutnya, tabungan mabrur junior ini semakin meningkatkan kontribusi tabungan haji pada ranah bisnis BSM. Saat ini, jumlah rekening haji BSM mencapai 1,3 juta rekening dengan total outstanding mencapai Rp 3,2 triliun.

”Kontribusinya akan tinggi sekali, untuk tabungan haji kita kalau haji reguler nomor satu, lebih dari 60 persen di grup. Kalau di haji khusus memang di Mandiri grup (yang besar),” ujar Agus, Jumat (21/11).

Agus mengatakan masa tunggu haji yang semakin lama membuat tabungan mabrur junior ini cukup menjanjikan bagi nasabah. Agus mengatakan BSM ingin dikenal sebagai bank haji dan umrah di mata masyarakat Indonesia.

Hingga bulan Juni 2014 rata-rata nasional antrian haji sudah mencapai 14 tahun. Agus mengatakan dengan pendaftaran lebih awal,  anak telah berusia dewasa saat masa keberangkatan. Setoran awal dan setoran selanjutnya untuk Tabungan Mabrur Junior minimal Rp100.000. Setelah mencapai Rp25 juta, nasabah akan didafarkan ke Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat).

Pangsa pasar tabungan haji reguler BSM pada 2014  mencapai 29,09 persen  dan tabungan haji khusus 32,63 persen. Pangsa pasar tabungan haji khusus Mandiri grup mencapai 70 persen.

Selain untuk memacu bisnis perseroan dari layanan haji, kehadiran Tabungan Mabrur Junior merupakan program edukasi kepada masyarakat bahwa haji dan umrah membutuhkan alokasi biaya dan waktu tunggu cukup lama sehingga perlu direncanakan sejak dini.

BSM juga menawarkan fasilitas deposit booking seat penerbangan Garuda Indonesia, Bank Garansi, Tabungan Mabrur dan Tabungan Mabrur Junior, pembiayaan umrah serta program Deposito berhadiah umrah.

BSM menawarkan program tersebut untuk memastikan kenyamanan pengunjung yang akan melakukan perjalanan religi ke Tanah Suci serta memenuhi kebutuhan layanan keuangan penyelenggara ibadah haji dan umrah.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA